Kenalkan Phoenam, Warung Kopi Paling Legendaris se-Makassar

Berbicara mengenai masalah kopi di Makassar, tahu nggak sih? Ibukota dari provinsi Sulawesi Selatan ini memiliki satu kedai legendaris yang konon menjadi pelopor warkop lainnya. Nama dari kedai kopi ini adalah Phoenam.

Walaupun banyak kopi-kopi kekinian yang naik daun beberapa waktu terakhir ini, Warung Kopi Phoenam yang lahir pada tahun 1946 ini masih tetap eksis hingga saat ini loh. Warkop legendaris ini didirikan oleh Liong Thay Hiong yang didampingi oleh dua kerabatnya serta pamannya, yakni Profesor Dr Tae Pen Liong. Paman inilah yang kemudian memberikan nama warkop tersebut sebagai Phoe Nam.

Warung Kopi Phoenam (Phoe Nam memiliki arti harfiah sebagai terminal atau tempat persinggahan), jadi bisa diartikan bahwa kedai kopi ini merupakan tempat persinggahan untuk penikmati kopi. Kalau kamu penggemar kopi Toraja, tempat ini bisa jadi salah satu warung kopi yang wajib dikunjungi untuk penikmatnya. Kudapan pisang atau roti bakar juga akan menemani kopi hangatmu di kedai tua ini.

Untuk masalah harga, Kedai yang satu ini menawarkan harga tak begitu mahal. Namun, uniknya kamu akan di charge tambahan harga jika kamu menikmati makananmu di ruangan ber-AC.

Harga Kopi susu favorit 17k jika di nikmati di ruang non AC sedangkan untuk ruang AC seharga 20kHarga Roti Kaya favorit 15k jika di nikmati di ruang non AC sedangkan untuk ruang AC seharga 16k

Untuk Makanan ada beragam varian Roti Bakar dengan kaya phoenam, mentega, telur matasapi/dadar/rebus, keju, corned Beef, cokelat, kacang, ikan tuna, nenas dan strawberry. Selain roti bakar ada juga roti goreng, mie goreng dan mie rebus.Jam operasional dari Warung Kopi Phoenam di jalan Jampea dari pukul 5.30 pagi sampai jam 7 malam.

Kopi Phoenam ini sudah memiliki banyak sekali cabang di Indonesia. Ada di Bandung, Surabaya, Jogja, Solo, Malang, Samarinda, Papua, dan lain-lain. Namun pusatnya berada di Jl. Jampe No. 5e, Makassar berlokasi di kawasan Pecinan.

Lokasinya bisa dibilang sangat terasa nuansa jaman dahulu. Terdapat banyak hiasan dinding berupa foto dan juga lukisan. Selanjutnya untuk meja dan juga kursinya juga tak berbeda jauh dari awal berdirinya. Banyak juga ornamen-ornamen chinese yang menempel di dinding.

Source http://www.cakapcakap.com http://www.cakapcakap.com/kenalkan-phoenam-warung-kopi-paling-legendaris-se-makassar/
Comments
Loading...