Kepiting Cak Gundul 1992 Kuliner Surabaya

CAK GUNDUL adalah pemilik resto “Kepiting Cak Gundul 1992”. Cak Gundul bukanlah nama sebenarnya, hanya sebuah nama panggilan yang familiar dikalangan pelangganya .

CAK GUNDUL  kemudian menjadi trade mark usaha beliau, tambahan tahun 1992 hanya sebagai tambahan kenangan yang sangat spesial karena pada tahun itulah menurut pengakuan CAK GUNDUL  beliau dinikahkan dengan wanita yang bernama MASRURO pilihan ibunya.

Sejarah Cak Gundul

MACHSUN nama asli dari CAK GUNDUL, telah memulai usaha sejak tahun 90 han, namun usahanya mengalami pasang surut yang memaksa CAK GUNDUL keras .Pernikahanya dengan Masruro pada tahun 1992 tidak serta merta membawa perubahan yang baik pada usahanya, usaha kepiting kaki lima yang di rintisnya terus saja jatuh bangun, sampai-sampai untuk sekedar mengganjal perut Machsun dan keluarga harus makan nasi sisa daganganya .

Setelah jatuh bangun dalam usahanya Machsun memulai kembali usahanya kali ini di Pandaan Pasuruan dengan modal Rp 400.000, namun kembali usahanya belum membawa hasil . Lagi lagi tidak laku.

Tapi bukan Machsun namanya jika menyerah begitu saja kegigihan dan ketekunanya sedang di uji , bersandar pada kekuasaa dan kemurahan Allah Machsun terus berjuang, tentunya dengan terus berdoa.

Awal tahun 1994 titik terang mulai terilah dari kerja kerasnya, hal ini di iringi dengan kelahiran anak sulungnya di tahun 1995 yang diberi nama Siti Maysaroh. Usahanya terus berkembang dari gerobak sudah berani menyewa kios  yang terus maju dengan pesat.Hingga pada tahun 1996 secara resmi resto KEPITING CAK GUNDUL 1999 didirikan dengan tempat pertamanya di Pandaan Pasuruan Jawa Timur.

Dari usaha kerasnya dan ketekunan beribadah serta doa yang hingga kini menjadi kebiasaanya CAK GUNDUL sekarang telah memiliki 6 cabang resto yang terdapat di PANDAAN, SURABAYA, JAKARTA, SEMARANG, JOGJAKARTA dan  SIDOARJA. Insyaallah di waktu-waktu mendatang akan di buka di cabang-cabang baru di kota-kota yang lain.

Dari total cabang usaha yang dikelola saat ini CAK GUNDUL  telah menyerap tenaga kerja sebanyak 300 orang .usaha yang di awali dengan usaha keluarga ini sekarang telah berkembang pesat, meskipun dijalankan dengan manajemen tradisional belum tampak adanya kendala yang berarti . Walaupun demikian tahap demi tahap usaha ini juga akan di kembangkan  dengan manajemen moderen  hingga memenuhi standar usaha yang memadai  untuk kemajuan demasa yang akan datang. Hingga hari ini Machsun sebagai top Manajer KEPITING CAK GUNDUL 1992, masih rajin secara berkala keseluruh cabang-cabangnya dan tidak segan-segan secara bpribadi menangani hal-hal kecil yang berhubungan dengan masalah pelayanan terhadap pelanggan.

Untuk mewujutkan rasa syukurnya terhadap Allahsubhanahuwataalla bos resto ini juga memiliki rumah yatim piatu yang di kelolanya sendiri. Dan menjadi programnya juga untuk memberangkatkan umroh secara berkala karyawan karyawan yang memenuhi syarat dan kriteria. ( Tom Paijo 2015- disarikan dari Machsun )

Kepiting Cak Gundul dibanderol harga berkisar antara Rp 21.000,- sampai Rp 25.000,- per 100 gramnya. Kepiting memang bukan makanan langka, namun mendapatkan kepiting dalam jumlah tertentu juga bukan hal yang mudah.

Cak gundul memesan langsung kepiting segar dari Tarakan Kalimantan, kepiting segar dikirim melalui paket udara kesemua cabang Cak Gundul yang ada di Pulau Jawa.

Kepiting Segar disortir kebali hanya kepiting yang benar-benar segar/fress yang di sajikan pada konsumen, tidak sekedar segar kepiting juga di jamin gemuk ,yang kurus akan disingkirkan. Kepiting mati meskipun hitungan jam pun tetap tidak dipakai. Setelah melalui proses yang panjang barulah kepiting siap diolah hingga menjadi makanan menggugah selera. Sajiannya yang memuaskan menjadikan harga di atas merupakan harga yang pantas bukan?

Tidak hanya kepiting, resto Kepiting Cak Gundul 1992 juga menyajikan hidangan lain yang menggugah selera  seperti penyetan tempe tahu, lele, terong penyet, gurami goreng/bakar, ikan dorang goreng/bakar dan menu menu yang lain di tampilkan dengan sambal terasi free yang siap mendongkrak selera.

Semua bahan yang di gunakan melalui proses pemilihan yang sungguh-sungguh cermat sebab semua stok bahan, terpusat dari cabang utama di Pandaan Pasuruan Jatim. Dari cabang utama inilah semua bahan di distribusikan menggunakan mobil khusus ekspedisi milik perusahaan. Semua bahan disimpan dalam lemari pendingin dengan penanganan yang sangat cermat sehingga tidak ada bahan yang membusuk sebelum di gunakan,kesegaranya tetap terjamin.

Makanan lezat tidak koplet jika tidak dilengkapi minuman yang segar. Cak Gundul menyediakan aneka minuman segar  panas dan dingin seperti: Kelapa Muda original, kelapa muda gelas panas/ dingin dengan berbagai rasa, Jeruk murni ,Panas /dingin, aneka teh panas/dingin, cincau, soda, minuman botol, air mineral, aneka jus dan lain-lain. Harga minuman dimulai dari RP 5000 hingga Rp 20 000,-

Kepiting Cak Gundul

Setelah menjajal kepiting cak gundul di Yogyakarta kali ini saya akan mencoba makanan Kepiting Cak Gundul yang berlokasi di Surabaya.

Makanan Seafood (berjenis ikan laut) kini sudah menjadi makanan favorit bagi kalangan masyarakat. Diantaranya kepiting, udang, kerang , cumi, ikan dll, dengan beraneka macam olahan yang membuat lidah para pecinta seafood rela merogoh kocek lebih. Karena harganya yang relative mahal.

Bagi Anda yang mempunyai selera makanan Seafood, di Surabaya ada depot Seafood bikinan pak Gundul yang terkenal diantara pencinta kepiting, karena bumbunya yang royal plus daging kepiting yang tebal dan fresh, depot ini berada di jl. Raya Kupang Indah. Sejak 1992 depot ini sudah dibuka, yang merupakan dari Pandaan, Pasuruan.

Bertempat di Jl. Raya Kupang Indah No. 45-C  Surabaya, Jawa Timur.

Tempat masak ditaruh di depan untuk menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Dengan suguhan para koki yang terampil memasak akan membuat aroma dan pemandangan menarik tersendiri bagi pengunjung…Sekali-kali api membubung tinggi ke udara dari wajan para juru masak ,seperti aktrasi sirkus yang menarik.

Sedikit terkesima dengan aroma dan ketrampilan memasak, sampai ada pekerja yang menanyakan kami mau pesan makanan apa. Sedikit terhenyak kami pun sekejap mengalihkan pandangan kepada karyawan tersebut. Beliau meminta untuk memilih sendiri kepiting yang mau dimasak seraya menawarkan makanan lain selain kepiting…

Pengujung boleh memilih kepitingnya sendiri yang ingin di masak, dan memilih jenis masakan apa yang di suakai. Asam manis, saos mentega atau kepiting kare.

Sumber info : www.kepitingcakgundul.com

pegimakan.id

 

Comments
Loading...