Kerupuk Gendar Khas Rembang Dengan Cita Rasa Tersendiri

Kerupuk gendar khas Kabupaten Rembang, dengan perkembangan zaman, terus mengalami perkembangan. Bentuk dan cita rasa kerupuk ini semakin variatif, dan semakin gurih. Di Rembang kerupuk ni sebagian besar masih diproduksi dalam skala home industri. Salah satunya adalah Muniatun, pembuat kerupuk gendar di Dukuh Ngrondo RT 1 RW 1 Dukuh Turus Gede, Kecamatan Rembang, ini mencoba berinovasi.Jika biasanya kerupuk gendar bentuknya adalah dipotong kotak-kotak dengan ukuran yang cukup lebar, maka dalam ini dirinya membuat kerupuk gendar yang bentuknya bulat, cukup kecil dan ketebalannya tidak seperti gendar pada umumnya. Karena kerupuk ini dicetak dengan tipis dan kriuknya semakin terasa.

“Kalau gendar yang biasa ada, itukan bentuknya kotak agar lebar, dan biasanya memang untuk konsumsi teman makan nasi. Namun,   sebenarnya jika dibuat bukan seperti itu-itu saja, tentunya akan lebih menarik dan yang penting rasa khasnya tidak hilang,mencoba berinovasi dengan membuat cetakan sendiri, yang bentuknya bulat dan ukurannya lebih kecil, sehingga cocok untuk camilan. Karena menurutnya, jajanan khas ini bisa lebih menjual lagi ada inovasi.

Dengan cara itu,, kerupuk buatannya dapat dimasukkan dalam kemasan yang menarik, sehingga orang juga tertarik dengan bentuknya. “Pertama soal bentuk, dan yang penting adalah rasa khasnya itu jangan sampai hilang, bahkan untuk rasa, buatan saya ini lebih saya mantapkan rasanya, sehingga lebih gurih,” Meski demikian, mengenai soal harga, dirinya biasa menjual lebih mahal dibandingkan kerupuk gendar pada umumnya. “Bisa hampir separuh lebih mahal dari orang lain. Per kilogram di jual Rp 22 ribu.

Source http://www.koranmuria.com
Comments
Loading...