Kesegaran Es Krim Petrus yang Melegenda di Pontianak

Kuliner Khas di Indonesia begitu beragam, mulai dari yang makanan sampai dengan salad dan minuman yang menggoda dan khas. Begitupun makanan, kuliner yang sangat khas di Indonesia merambah berbagai jenis makanan, mulai dari olahan nasi, sayuran, sampai dengan lauk dari ikan atau daging yang khas menceritakan setiap keunikan daerah asal. Ternyata kuliner khas tidak hanya melulu soal makanan. Di Pontianak, ada kuliner khas yang berwujud Es Krim. Jika di Banjarnegara anda mengenal Es Dawet yang begitu khas, maka Es Krim Pertus menjadi ikon kesegaran dari negeri Khatulistiwa. Es Krim ini sangat melegenda di Pontianak, Kalimantan Barat. Lalu apa yang membedakan Es Krim ini dan membuat Es ini begitu terkenal sampai ke daerah lain?

Es Krim Petrus

Es Krim ini awalnya bernama Es Krim Angi. Mengapa dikenal dengan nama Es Krim Petrus? Karena penjual Es Krim ini berada di depan SMP-SMA Petrus di Pontianak. Sebegitu melegendanya, ternyata sekarang Es Krim Petrus sudah dikelola oleh generasi ketiga. Tempatnya sederhana, menempati teras rumah yang dilengkapi meja dan kursi kayu. Ada enam macam rasa es krim yang ditawarkan. Yaitu  coklat, stroberi, cempedak , nangka, durian dan  vanila. Adukan es krim terasa sangat lembut dan manis di lidah. Pas deh buat cuaca panas Kota Khatulistiwa.

Es Krim Petrus

Satu kekhasan Es Krim ini sudah dapat dilihat pada gambar. Es Krim Petrus memanfaatkan bahan lokal yang menambah kesegarannya, mulai dari kacang merah, rumput laut, sampai dengan cincau. Es Krim Petrus ini dijual Rp8.000 disajikan dalam gelas es krim atau batok kelapa muda, ada juga yang berharga Rp15.000 yakni yang berporsi besar. Sensasinya ketika anda memesan Es Krim Petrus, Es Krim akan bercampur dengan isiannya ketika anda mulai mengaduknya. Rasa dingin dan segar pun mulai menyergap dan memenuhi mulut di setiap sendokannya.

Apalagi jika Es Krim Petrus ini diproduksi dengan isian khas dari Pontianak, yakni durian dan juga cempedak. Selain durian, wangi es krim cempedak juga menusuk hidung. Dua es krim ini hanya diproduksi apabila sedang musim di Pontianak. Demi menjaga rasa, pemiliki Es Krim Angi sengaja tidak membuat es krim buah diluar musimnya.

Es Krim Petrus

Jika anda ingin membawa Es Krim ini keluar dari kota Pontianak, jangan khawatir, itu bukanlah hal yang mustahil. Anda hanya diharuskan memilih porsi besar Es Krim itu, misalnya satu liter. Jangan khawatir es akan meleleh. Kemasannya rapi dengan dilengkapi dry ice, bisa tahan sampai 8 jam. Alhasil es krim tak meleleh jika anda bawa pergi keluar dari kota Pontianak, dan juga akan anda santap ketika anda jalan-jalan. Jika ingin disantap disana, jangan sampai anda bosan menunggu dan mengantri. Mengapa demikian? Karena penggemar Es Krim Petrus ini sangat banyak, dan setiap hari anda akan mengalami antrian untuk mendapatkannya. Penyajian Es Krim Petrus buat anda yang akan menyantapnya disana adalah dengan batok kelapa muda yang sudah dibelah dua. Atau, anda juga bisa menikmati porsi yang lebih kecil dengan menggunakan cup ataupun gelas.

Wah, ternyata di Indonesia, ada juga Es Krim yang menggoda seperti Es Krim Petrus. Jika anda adalah penggemar Es Krim dan selalu penasaran dengan Es Krim apa lagi yang belum anda cicipi, maka anda harus mencicipinya. Selain Es Krim Petrus, anda juga patut mencoba beberapa Es Krim terbaik yang ternyata juga tersebar di seluruh Indonesia dengan berbagai kreasi.

Alamat : Jl. Karel Satsuit Tubun No.8, Akcaya, Pontianak Sel., Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78121

Buka

08.00-17.00

Sumber info www.kooliner.com

Source Pegimakan.id Es Krim Petrus
Comments
Loading...