Ketupat Kandangan, Kuliner Khas Banjarmasin Kal-Teng

Ketupat Kandangan

Ketupat Kandangan (atau dalam Bahasa Banjar : Katupat Kandangan) merupakan kuliner khas yang berasal dari daerah Kandangan, Hulu Sungai Selatan. Kalsel. Seperti ketupat pada umumnya, bahan untuk membuat ketupat berasal dari beras. Perbedaan ketupat Kandangan dengan jenis ketupat lainnya adalah penggunaan ikan gabus (haruan) sebagai menu pelengkap. Ikan gabus ini dipanggang lebih dulu sebelum dimasak menggunakan santan. Kemudian, ikan gabus beserta kuahnya disiramkan ke ketupat. Kuliner ini dapat dihidangkan untuk makan pagi, siang atau malam.

Ketupat disiram dengan kuah bersantan yang diracik dari bumbu-bumbu tradisional seperti kayu manis, pala, cengkih dan kapulaga. Kuah agak kental dengan rasa yang sangat khas gurih.

Nah yang menjadikan istimewa adalah rasa ikan haruan (gabus) asap ini. Hmmm…..

Oh ya saking tak bisa dipisahkannya antara ketupat Kandangan dengan ikan haruan, beberapa warung makan memilih tutup alias tidak buka saat ikan haruan langka di pasaran.

Satu lagi keunikan makanan ini terletak pada cara makannya. Meski berkuah, orang Banjar asli menyantap ketupat Kandangan langsung dengan tangan, tanpa sendok. Anda mau mencoba ?

Berikut beberapa tempat favorit yang menghidangkan ketupat Kandangan :

  • Ketupat Kandangan Hj. Ida di Kampung Melayu
  • Ketupat Kandangan Hj. Mursinah di Jl. Cenderawasih
  • Warung Kaum di Jl. Bumi Mas Raya
  • Warung Pondok Bahari
Source pegimakan Suharyanto
Comments
Loading...