Keunikan Rasa Mie Pentil, Mie Unik Asli Bantul,Jogja

Mie Pentil

Salah satu hal menarik yang ditunggu banyak traveller saat melakukan travelling adalah mencicipi beragam kuliner khas yang ada di destinasi wisata bukan? Nah, jika Anda mengagendakan untuk berkunjung di Bantul akhir pekan ini, selain wajib menikmati keunikan rasa sate klatak, olahan sate berbahan daging kambing yang ditusuk menggunakan jeruji besi, Anda juga wajib mencicipi kuliner yang satu ini, mie pentil. Tanya kenapa? Ikuti repostase menariknya berikut ini!

Setiap tempat selalu menawarkan citarasa berbeda dalam beragam olahan dapurnya bukan? Selain identik dengan beragam makanan manisnya, Bantul juga menawarkan beragam jenis mie yang unik, salah satunya adalah mie pentil. Mie pentil merupakan mie yang terbuat dari tepung tapioka. Dari bahannya saja pasti Anda sudah dapat menerka teksturnya bukan? Betul sekali, kenyal! Mungkin karena tekstur uniknya yang kenyil-kenyil inilah mie yang satu ini dinamakan mie pentil. Tahu kan sobat tekstur pentil yang kenyal itu?

Mie ini adalah salah satu ikon kuliner di Bantul yang sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Jika kalian ingin menyaksikan langsung bagaimana cara membuat ikon kuliner populer yang satu ini, datang saja ke kawasan Pundong, sebuah kecamatan yang berada tak jauh dari Pantai Parangtritis. Seperti kebanyakan jenis mie yang lainnya, mie pentil dapat dimasak dengan cara digoreng ataupun digodhog atau direbus.

Soal rasa, tentu saja dapat disesuaikan dengan selera Anda, mau gurih atau pedas. Jika Anda berkunjung ke Pasar Niten, Anda akan menemukan mie pentil goreng dengan rasa yang cenderung gurih. Tidak seperti mie lain yang biasanya digoreng dengan aneka bahan tambahan seperti ayam, telur ataupun beragam sayuran seperti kubis dan wortel, mie pentil goreng biasanya dimasak polosan saja, hanya diberi bumbu berupa bawang putih, kemiri dan garam. Meski demikian, dalam tiap bungkus mie yang dijual umumnya dilengkapi dengan tambahan berupa taburan bawang atau brambang goreng dan sambal mentah yang pedas. Ada pula mie yang diolah dengan citarasa pedas hingga menimbulkan julukan berupa mides atau mie pedes. Berkuah atau digoreng semuanya lezat! Tidak percaya? Coba saja!

Soal kualitas, jangan bandingkan mie ini dengan beragam jenis mie instan lainnya karena mie pentil hanya mampu bertahan selama 24 jam saja. Bagaimana sobat, kapan mengagendakan untuk berkunjung ke Bantul sekaligus mencicipi keunikan mie yang satu ini? Tidak ada salahnya bukan berpetualang di negeri sendiri sembari menikmati warisan kuliner nusantara? Yuk segera dicoba!.

Source http://yogyakarta.panduanwisata.id
Comments
Loading...