Kolontong Makanan Unik Khas Tasikmalaya Jawa Barat

Tak hanya populer dengan kerajinan tangan, Tasikmalaya juga kaya dengan olahan kuliner khas. Beberapa makanan tradisonal dengan bahan baku simpel tercipta jadi makanan khusus. Salah satunya Kolontong khas Tasikmalaya yang populer kelezatannya.

Kolontong adalah salah satu makanan ringan yang terbuat dari beras ketan yang di proses dalam babarapa tahapan tahapan yang panjang, kolontong ini dibuat sebagaimana membuat opak namun setelah menjadi opak, untuk menghasilkan sebuah kolontong harus diproses kembali yaitu dengan proses pemanasan. biasanya pemanasan dilakukan menggunakan pasir yang dipanaskan.
Pada cara tradisional dulu dalam memanaskan opak yang dibentuk menjadi sebuah kolontong ini dilakukan dengan cara menimbunya di dalam pasir yang dipanaskan oleh nyala api, setelah kilihatan mengembang opak pun di angkat dan hasilnya bukan lagi opak melainkan kolontong, Setelah itu dilakukan tahap pemanis jika ingin kolontong yang rasanya manis, tapi memang umumnya kolontong rasanya manis.

Harga Kolontong inu relatif murah dan beragam, harga 1/4 Kg Kolontong Rp. 13.000, 1/2 Kg Rp. 25.000, 1 Kg Rp. 50.000. Kolontong ini bisa kita dapatkan di tempat toko oleh – oleh khas Tasikmalaya. Salah satunya Toko Oleh – oleh Nesa yang terletak di Jl. Paseh No.106, Tuguraja, Cihideung, Tasikmalaya, Jawa Barat.

Toko oleh – oleh Nesa buka dari jam 07.00 pagi sampai jam 20.00 malam.

Selamat Mencoba.

Source Pegi Makan
Comments
Loading...