Kopi Lelet Dengan Penyajian Unik Khas Rembang Jawa Tengah

Kopi lelet ini sering dinikmati oleh kaula muda, terutama bagi yang pecinta kopi dan perokok berat. Kopi lelet sebenarnya hanya secangkir kopi namun dengan racikan kopi yang lembut dan khas. Nah bagi perokok berat, sisa ampas kopi ini dimodifikasi dan diolah untuk membatik di rokok, katanya, aroma dan rasa rokok setelah di lelet (batik) dengan kopi menjadi lebih nikmat, selain itu, anda bisa menuangkan segala ide anda ke dalam rokok atau bungkus rokok tersebut, yang suka coret-coret sangat pas.

Kopi lelet di daerah Rembang sudah sangat menjamur dan mudah ditemukan, para sopir-sopir yang sering melintas di Rembang pasti sudah hafal dengan kopi lelet ini. Warung yang menyediakan kopi lelet ini biasanya sering digunakan untuk tongkrongan menghabiskan waktu.Jika berkunjung ke Rembang jangan sampai terlewat untuk menikmati secangkir kopi lelet. Selain rasanya yang nikmat dan beraroma khas, kopi ini juga bisa jadi sarana menyalurkan ekspresi seni.

Kopi lelet adalah cara penyajian kopi khas Rembang. Berbeda dari kopi pada umumnya, kopi lelet dapat dinikmati mulai dari seduhannya sampai ampasnya. Dari segi rasa, kopi ini berbeda dengan kopi lainnya. Sedangkan ampasnya, biasa digunakan untuk melapisi kulit rokok.Rasanya itu kuat, bukan kental airnya, tapi rasanya yang kental.

Pokoknya kalau minum tanpa melihat pun pasti tahu kalau ini kopi lelet dari menikmati-ramuan-lelet-cara-minum-kopi-khas-rembangang,” kopi lelet memang berbeda dari kopi pada umumnya. Proses sangrai menggunakan pembakaran dari akar kayu jati, untuk menimbulkan aroma sedap. Penggilingan kopi juga dibuat lebih halus, bertekstur menyerupai bedak.lau sangrainya pakai akar kayu jati, aromanya akan muncul dan

membuat lebih sedap rasanya. Termasuk penggilingan dibuat sangat halus agar ampas kopinya itu bisa untuk lelet tadi,Menyeduhnya kurang lebih sama seperti menyeduh kopi pada umumnya. Tapi, ampas kopi ini biasanya disisihkan oleh para penikmatnya. Disisihkan di sebuah lepek (alas cangkir), kemudian ditambahi susu sedikit. Adonan itu tadi yang digunakan untuk nglelet (ditempelkan) ke batang rokok,” Susu kental putih dan tisu menjadi menu wajib pelengkap sajian kopi lelet untuk melelet rokok. Tak jarang pula rokok yang dilelet dibuat dengan motif yang unik.

Source https://id.wikipedia.org/wiki/Kopi_lelet
Comments
Loading...