Kue Balok Mang Udju Bandung

Kue Balok Mang Udju

Belakangan jajanan tradisional tanah Sunda mulai kembali terangkat ke permukaan dan banyak dicari. Salah satunya yang tengah naik daun adalah kue balok. Bandung mulai dihiasi kembali oleh penjaja kue saudara kembar pukis ini dan kue balok Mang Udju termasuk yang tersohor.

Asal usul kue balok masih menjadi perdebatan. Ada yang mengatakan bahwa kue ini berasal dari Garut, tapi sebagian warga Bandung lainnya yakin bahwa kue balok adalah produk asli ibu kota Priangan. Satu yang pasti adalah kue balok sudah dikenal sejak zaman kolonial Belanda. Seorang juru masak dari Indonesia bekerja pada seorang Belanda untuk membuat ransum.

Ia pun menciptakan sebuah kue yang padat, tahan lama, dan mengenyangkan. Sedangkan di Bandung sendiri mulai banyak dikenal dengan nama kue balok sekitar tahun 1950. Saat itu kue balok dijadikan sarapan bagi para pedagang dan tukang becak. Kue balok ini dijuluki “jibeuh”, singkatan dari hiji ogé seubeuh yang artinya “satu pun kenyang”. Hal tersebut dikarenakan kue balok mengandung banyak kalori, saat dikunyah terasa padat, sehingga cukup mengenyangkan. Kedai Mang Udju ini turut memasarkan makanan lawas tersebut, meskipun harus memberikan beberapa sentuhan modern.

Kue Balok Mang Udju yang juga terkenal dengan nama kue balok Cihapit memiliki varian rasa seperti strawberry, cokelat, kismis, dan almond. Pengadaan rasa tersebut dilakukan untuk mengikuti selera pasar, tetapi kios dagang di Jalan Cihapit itu juga tetap menghadirkan rasa orisinil yang manis legit. Kue-kue balok ini dimasak menggunakan cara tradisional yaitu dengan sumber panas arang baik dari bawah maupun atas. Begitu disajikan panas, aroma khas arang menguap dari pori-pori kue membuat lidah tak sabar ingin mencicipi. Kue balok Cihapit terasa lebih lembut karena ditambahkan susu murni pada adonannya. Kelembutannya itu hampir menyamai kue pukis dan sedikit menghilangkan kesan jibeuhnya. Saking padatnya terkadang membuat seret tenggorokan dan paling nikmat setelah itu minum kopi hitam joss.

Hasil gambar untuk Kue Balok Mang Udju Bandung

Kios Mang Udju berada di Jalan Cihapit, tepatnya di sebelah Surabi Cihapit. Mulai dari pagi hingga malam tempat ini tak pernah sepi. Angkot yang lewat Jalan Cihapit adalah jurusan Margahayu – Ledeng. Alternatif lain adalah angkot jurusan Dago – Riung Bandung dan Anda harus turun di depan Jl. Cihapit. Pengunjung yang datang bisa langsung memesan hingga 50 kue balok. Harga satuannya adalah Rp. 2.500 untuk yang orisinil dan Rp. 3.000 untuk rasa lainnya.

Source http://kuliner.panduanwisata.id http://kuliner.panduanwisata.id/indonesia/kue-balok-makanan-lawas-yang-kembali-happening/
Comments
Loading...