Kue Bandung Thien Thien Lay Semarang

Kue Bandung Thien Thien Lay Semarang

Sebutan kue Bandung ini ternyata cukup populer di daerah Semarang dan sekitarnya. Namun, pertanyaan ini sering muncul dari mereka yang tinggal di Bandung karena untuk kue yang sama mereka biasa menyebutnya martabak. Dan martabak sendiri ternyata tidak berasal dari Bandung. Makanan ini adalah makanan dari India dengan nama yang hampir mirip, yaitu moortaba. Namun, moortaba ini lebih mirip dengan martabak telor yang ada di Indonesia. Sementara untuk martabak manis, ini adalah asli akulturasi budaya India dengan budaya Jawa.

Pada tahun 1930an, seorang pemuda dari Lebaksiu Kabupaten Tegal bernama Ahmad mencoba mengadu nasib di Semarang dengan berjualan makanan. Dia kemudian berkenalan dengan Abdullah, seorang dari India yang kemudian menjadi saudara iparnya. Dari tangan Abdullah ini kemudian muncul martabak manis Lebaksiu, Tegal yang sampai kini banyak dijumpai di berbagai daerah di tanah air. Martabak manis ini pula yang oleh orang Semarang lebih dikenal dengan nama Kue Bandung.

Di semarang ada kue Bandung yang sangat terkenal, yaitu Kue Bandung Thien Thien Lay. Warung kaki lima yang berada di Jl. Moch. Suyudi di pertigaan Jl. Gajah Mada ini membius para pelanggannya dengan rasa martabaknya yang tidak eneg, dengan bahan yang tidak pelit penggunaanya. Jika Anda memilih kue bandung rasa coklat, Anda akan mendapat lapisan coklat yang tebal dengan campuran kacang yang pas dan terasa gurih-renyah. Inilah kekhasan Kue Bandung Semarang, selalu ada taburan kacang pada lapisan coklatnya. Perpaduan coklat dan kacangnya terasa pas dan istimewa.

Selain kue Bandung, Anda juga dapat menikmati kue pukis spesial di sini. Anda dapat mencoba aneka varian rasa pukis istimewa, seperti rasa coklat, keju, moka, kismis, original, dan kacang yang paling banyak digemari. Adonan pukisnya pas membuat rasa pukis ini tidak terlalu eneg namun juga tidak terlalu enteng. Aromanya yang wangi sudah cukup menggugah selera untuk segera menikmatinya.

Info pengunjung :

–    Tempat ini buka dari pukul 18.00 sampai habis (jika belum kehabisan, biasanya sampai tengah malam).

–     Harga kue bandung mulai dari sekitar Rp20.000,- sedangkan pukis sekitar Rp2.500,-

Source http://kuliner.panduanwisata.id http://kuliner.panduanwisata.id/indonesia/pulau-jawa/solo/semarang-jawa-tengah/kue-bandung-thien-thien-lay-semarang/
Comments
Loading...