Kue Sengkulan Cemilan Khas Kebumen Jawa Tengah

ini loohh makanan khas kebumen asli Indonesia. Jenenge SENGKULUN . hehe . Aja mandeng saka rupa bentuk panganane nanging rasa khas kebumene. Uuueeenak lohh. Meski awit arupane sederhana nanging panganan iki laris loh ing kebumen. Kadang kala sering digawe ana ing acara-acara slametan , hajatan penganten , khitanan , lan sapanunggalane  Ada yang sudah tau dengan kue cantik dan menggoda ini, ya benar sekali kue sengkulun, salah satu kue yang berasal dari daerah kebumen, namun sekarang sudah banyak tersebar di berbagai daerah tapi mungkin berbeda penyebutannya saja. Karena memang rasa yang

disuguhkan kue ini sangat menggigit lidah, tidak percaya, silahkan lihat saja gambar kue lezat khas demak ini pasti anda akan tergoda untuk mencicipinya. Kue yang berbahan dasar tepung ketan ini ternyata sudah menjadi buruan para pencinta kuliner Indonesia, karena memang bentuk dan rasanya sungguh unik dan menggoda mata siapa saja yang melihatnya. Kue sengkulun adalah makanan tradisional yang adonan dasarnya terbuat dari tepung beras ketan putih pada umumnya dan bisa juga pakai tepung beras ketan hitam bahkan kue sengkulun bisa terbuat dari singkong.

Teksturnya lembut dan empuk banget seperti awug beras. Aneka kreasi dan variasi olahan kue sengkulun, diantaranya ada kue sengkulun ketan, kue sengkulun singkong, kue sengkulun Purworejo, kue sengkulun Betawi, kue sengkulun Bangka, kue sengkulun gula merah, kue sengkulun Jawa, kue sengkulun Wonosobo, kue sengkulun kebumen, kue sengkulun Jawa Timur, dll.

Kue sengkulun atau sering juga disebut Sengkolon , Kue Jando Berias , atau Sangkolun (Bangka) adalah kue mirip kue keranjang dengan permukaan berbintil kasar, tekstur lunak, kenyal, dan lembut. Kue ini dibuat dengan bahan baku utama tepung ketan. Penggunaan gula merah membuatnya berwarna coklat, walaupun ada juga variasi pewarna lain di berbagai daerah. Santan kental menambahkan rasa gurih. Sedangkan sejarah asal usul mulanya kue sengkulung ini belum begitu jelas siapa yang pertama membuatnya dan daerah mana yang duluan membuat kue ini tapi masing-masing daerah memilik rasa dan tampilan yang khas dengan kue uni dan menarik ini.
Source http://anggirizkiwulandari.blogspot.co.id/
Comments
Loading...