Warning: unlink(/tmp/a07a9e7469a12d3c9d2932b5469d7ca6-BQSudN.tmp): No such file or directory in /home/infoprima3/public_html/pegimakan.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 158

Kuliner Aceh : Warung Sate Matang Geuleumpang

Warung sate matang adalah tempat makan keluarga di Aceh yang tepatnya beralamatkan di

Kota Matang Geuleumpang Dua Kabupaten Bireuen Banda Aceh

Asap tampak mengepul dari pinggir gerobak bercat hijau itu. Tiga piring sate lengkap dengan sambal kacang, kuah kari kambing, serta tiga piring nasi telah terhidang. Saripati daging kambing, kuah kari yang gurih, dan sambal kacang menari-nari indah di dalam mulut. Cuma ada satu yang bisa dituliskan kata: enak! Daging kambing pada sate Matang berbeda dengan sate berbahan dasar daging kambing yang pernah dimakan.

Sate Matang, dagingnya dipotong besar-besar. Sebelum dibakar, terlebih dahulu direndam dalam rempah-rempah. Mungkin ini bumbu rahasia yang membuat daging sate Matang lembut dan sangat mudah dilumat hancur oleh gigi. Sisi lain dari nikmatnya sate Matang ini adalah kuah karinya yang keruh kekuning-kuningan. Seperti kuah pada Soto. Lengkap dengan irisan daun bawang yang kian menambah rasa gurih. Sambal kacangnya digiling, dicampur dengan cabai.

Tekstur gilingan sambalnya kasar, sedikit asam, ternyata berfungsi meredam bau asap pada sate. Kalau lidah yang tidak menyukai pedas, tinggal lumuri sambal dengan kecap manis. Sederhananya, bagi sate Matang ini memiliki komposisi yang pas. Sejenak kenikmatan yang baru saya santap dari seporsi sate Matang rasanya mampu menghentikan sengkarut dunia yang fana ini.

Rp 30.000,00

Source Go gotravelly.com/blog/tempat-makan-keluarga-di-aceh
Comments
Loading...