Kuliner Bangka : Rujak Mie RM Asui, Pulau Bangka

Mungkin pulau Bangka tidak sepopuler pulau pariwisata lainnya seperti Bali. Belum begitu banyak pula yang membahas apa saja kuliner khas pulau Bangka serta oleh-oleh yang menarik untuk dijadikan buah tangan. Jadi kali ini, mau bahas kuliner Bangka apa saja yang menarik untuk dicoba, karena umumnya kuliner Bangka cukup sulit kita temui di kota lain. Makanya kalo pergi kesana jangan sia-siakan kesempatan untuk mencicipi aneka kulinernya.

Rujak Mie RM Asui
Kampung BintangPangkal Pinang, Pulau Bangka

Di Bangka, yang namanya rujak bukan dari buah-buahan seperti yang kita kenal di Jakarta. Rujak mie khas Bangka menggunakan cuka sebagai kuahnya. Isiannya macam-macam, biasanya disajikan terpisah antar setiap komponennya. Ada bihun, mie kuning, tahu goreng, pempek ikan lincis, bawang goreng, seledri, dan kemplang ikan. Nah, setiap komponen itu disajikan terpisah. Bisa memilih mau pakai apa saja, atau dicampur semua juga boleh. Biasanya dicampur semua kecuali seledri, karena nggak suka seledri.

Harga Rp 17.000,00

Rujak mie banyak di jual di warung makan tradisional yang juga menjual pempek atau bakwan. Oya, FYI, pempek khas Bangka memang sedikit berbeda dengan pempek Palembang. Di Palembang, pempeknya warna putih karena menggunakan ikan tenggiri, sedangkan di Bangka pempeknya berwarna hitam karena menggunakan ikan lincis.

Source gourmetcam.blogspot.com gourmetcam.blogspot.com/2014/08/wisata-kuliner-bangka.html
Comments
Loading...