Kuliner Klaten : Gudangan Warung Proliman Bremen

Klaten menjadi tempat yang sayang bila dilewatkan jika sedang melewati jalan raya Yogyakarta – Solo. Gudangan Lethok (Nasi Tumpang) dan Soto Kwali adalah dua dari sederetan kuliner khas yang dapat dicicipi di tempat ini. Gudangan Lethok merupakan kuliner yang cukup legendaris di Klaten. Makanan yang biasa disajikan pagi hari ini biasanya dijajakan di pinggir jalan. Salah satu warung makan yang menyajikan menu Gudangan Lethok adalah warung Proliman Bremen.

Berdiri persis di pinggir jalan. Pagi hari menjadi waktu yang pas untuk menyantap Gudangan Lethok. Makanan ini memang dihidangkan sebagai menu sarapan pagi bagi kebanyakan orang asli Klaten. Seporsi Gudangan Lethok terdiri dari nasi putih, daun pepaya, daun kemangi, petai cina, irisan kikil, bubuk kedelai, dan potongan tahu dengan kuah santan plus rempah berwarna merah. Potongan tahu dan bumbu merahnya menghadirkan nuansa rasa tradisional yang khas dan menjadi identitas tersendiri bagi makanan ini.

Bukan manis seperti umumnya karakter masakan Jawa Tengah, kuah tahu dengan rasa gurih justru menjadi semacam pembeda bagi cita rasa Gudangan Lethok sebagai kuliner yang menjadi favorit orang Jawa. Untuk pelengkapnya, Gudangan Lethok bisa ditambahkan dengan krupuk gendar atau krepek, krupuk yang berbahan dasar nasi. Lebih mantap lagi bila Gudangan Lethok ditambahkan kikil sapi (koyor).

Rp 5.000,00
Jalan Mayor Kusmanto, Klaten

Source Makan makanmakan.com/gudangan-lethok-sarapan-pagi-khas-klaten
Comments
Loading...