Kuliner Legendaris di Kota Depok

Di kawasan kita, Kota Depok, selalu punya banyak cerita kuliner. Di tengah-tengah kemunculan restoran maupun kedai baru yang menghiasi hari-hari, namun ada juga yang sejak lama bertahan hingga sekarang dan selalu mendapat tempat di hati warga. Untuk mengetahui restoran atau gerai kuliner apa saja yang menjadi pilihan favorit dan melegenda di kawasan kita, berikut kami himpun 23 tempat makan yang legendaris di Depok berdasarkan pendapat warga di media sosial.

1. MIE AYAM BERKAT

Mie-Ayam-Berkat

Mie Ayam Berkat ini legendaris, sudah lama ”bertengger” di Jalan Raya Margonda, yang berlokasi tidak jauh dari gapura utama Kota Depok dekat Gang Kober. Beragam variasi menu Mie Ayam tersaji disini, tentu bersama teman-temannya yang lain, seperti Kwetiau, Nasi Goreng, dll.

Mie Ayam Berkat terbilang jarang sepi pelanggan, apalagi bila ada acara wisuda mahasiswa UI, orangtua yang tinggal di luar Depok biasanya jadikan restoran ini target utamanya setelah acara wisuda selesai. Alasannya, selain karena sajian dan lokasi yang strategis, tentu karena kelegendarisannya juga.

2. SOP DURIAN MARGANDO

Sop-Durian-Margando-Margonda-Depok

Durian? Hmmm… Lebih dari 5 tahun kedai yang berlokasi di sudut “lampu-merah” Ramanda, antara Jalan Margonda Raya dan Jalan Arif Rahman Hakim ini eksis dan selalu dikunjungi pelanggan-pelanggan setianya.

Soal sajian, dari namanya sudah jelas, macam-macam sop segar Durian dengan beragam variasi paduan rasa dapat Anda pilih di sini. Seperti Strawberry dan Roti (beriti), Strawberry Ketan (berita), Strawberry Kelapa (beripa), Kacang Ijo Ketan Roti (Zoker), Kacang Ijo Roti (Zero), hingga Kacang Ijo Ketan (Zotan).

3. SIFUD

kedai sifud

Uniknya kedai kuliner seafood yang satu ini beberapa jenis ikan yang disediakan mungkin belum pernah Anda dengar sebelumnya, seperti: Jarang Gigi (Jargi), Lape, Lencam, dan Raragan semua itu adalah ikan laut yang khas didapat dari perairan di kepulauan seribu. Khusus untuk Anda penikmat makanan mewah kedai SIFUD juga menyediakan menu yang biasanya hanya terdapat pada restoran seafood mewah seperti: Lobster, Moray eel, kerang geton dan lainnya, namun untuk menikmatinya harus melalui sistem pre-order jauh hari, karena bahan yang akan dimasak dipesan langsung melalui nelayan berupa tangkapan segar dangan kualitas prima.

Jl. Abdul Gani. Rt. 06 Rw. 01,Cilodong Depok (Sebrang klinik melati, 300 meter dari Situ Cilodong).

4. BEBEK TIK TOK VAN DEPOK

Restoran ini termasuk legendaris. Posisinya yang berada di Jl. Margonda Raya No. 494 C dan cukup lama eksis ini tentu terdengar tak asing bagi warga Depok, khususnya pelintas Jalan Margonda apalagi para pemburu kuliner. Sajian sehat Bebek Tik Tok ini juga bias ditemui di Jl. Kukusan Raya No. 81A, Beji, Depok.

Selain sajian berat, yang khas dari restoran ini juga menjajakan Telur Panggang Vulkanik, yang sudah tersaji dalam kemasan dan bisa dibawa sebagai oleh-oleh.

5. ZOE CAFE

Zoe Cafe, Margonda, Depok (ist.)

Kafe legendaris tempat membaca buku sambil menyeruput kopi ini sudah lama menemani warga muda Depok. Yang menarik, meski lokasinya di tengah Kota Depok yang sibuk dan padat, yakni Jalan Margonda Raya No.27, cafe ini tetap hadir dengan suasana rindang yang khas. Tak hanya kopi, sajian kudapan lainnya pun dapat Anda pilih seraya memilih buku apa yang ingin Anda baca di perpustakaan kafe ini.

6. MANG ENGKING

Gubug Mang Engking di kawasan Kampus Universitas Indonesia (UI), Depok. (ist.)

Si legendaris yang berlokasi di dalam kawasan Kampus UI Depok ini terbilang jagoannya seafood. Rindang dan danau UI, gambaran ini lah yang melekat erat di kepala pecinta hidangan laut yang pernah atau sering mampir di Gubug Mang Engking.

7. MARTABAK BANGKA KO HERY

Lokasi Martabak Bangka Ko Hery, di Jalan Arief Rahman Hakim ini, bila tidak terlalu memperhatikan sekali mungkin tak terlihat. Namun beruntung, parkiran kendaraan pelanggan yang selalu ramai dapat membantu kita menemukannya.

Salah satu testimoni warga soal kuliner legendaris di Depok yang satu ini adalah, setelah menikmati martabak ini, martabak lain rasanya jadi hambar, saking enaknya.

8. PEMPEK OKY

Pempek Okky di Jalan Nusantara Raya, Depok 1. (ist.)

Tentu pelintas Jalan Nusantara, Depok 1 tak asing dengan nama Pempek Oky. Tak hanya legendaris, kedai yang menyajikan makanan khas Palembang ini memang termasuk juara.

9. BAKSO HITAM PAK BEWOK

Bakso Hitam Pak Bewok di Beji, Kota Depok. (ist./depoklik)

Makan bakso berkuah hitam, ini dia ciri khas kedai bakso Pak Bewok, yang berlokasi di Jalan Mohammad Ridwan Rais, Beji (dekat pintu masuk motor Poltek UI). Kebayang gak tuh kuahnya pake campuran apa sampai warnanya hitam, tapi rasanya, beuuh.. enak. Porsinya super banget, tersaji dengan campuran tulang ayam yang memenuhi mangkok

10. PANCONG – SUCANG

kue-pancong-sucang-pln-depok

Meski tempatnya ala warung kopi, tetapi hampir ratusan anak muda dan tua, hilir mudik ke kedai yang ada di Jalan Komodo Raya ini. Maka tak heran, bila omset tiap bulan kedai pancong ini mencapai 3 juta rupiah. Lokasinya dekat pertigaan Jalan Arief Rahman Hakim, persis di samping kiri kantor Kelurahan Depok Jaya dan tidak jauh dari gardu utama PLN Depok 1. Karenanya orang banyak menyebutnya dengan Pancong PLN.

Pancong yang legendaris ini disajikan dengan berbagai toping dan tentu rasanya juara. Satu lagi yang khas adalah susu kacang ijo atau yang lebih di kenal dengan ‘Sucang’. Mereka berdua memang padu padan, pancong dan sucang.
Warung kue pancong di Jalan Komodo, dekat PLN Jalan Nusantara, Depok 1.

11. AYAM BAKAR CHRISTINA

Salah satu rumah makan yang melegendaris di Depok yaitu Ayam Bakar Christina, siapa si yang gak tau? rumah makan yang ada di pinggiran jl. Margonda no 420 ini memang tidak memiliki tempat yang terlalu besar, namun cita rasa sejak dulu hingga sekarang Ayam Bakarnya masih digandrungi pecinta kuliner.

12. MANG KABAYAN

Mang-Kabayan-depok

Restoran besar yang menyajikan kuliner khas sunda ini juga salah satu ikon kuliner legendaris Depok di Jalan Margonda Raya. Usianya yang sudah cukup lama membuat restoran ini dikenal hampir seluruh warga Depok.

13. BEBEK H. SLAMET

Bebek H. Slamet, Jalan Margonda, Depok. (ist.)

Siapa tak kenal kuliner legendaris yang satu ini, Bebek H. Slamet, dengan cabangnya yang tersebar di Jabodetabek bahkan di tempat asalnya, Solo, Jawa Tengah. Di Depok, restoran ini juga sudah lama menghiasi peta kuliner kawasan, yang berlokasi di Jalan Raya Margonda (sebelum Hotel Bumi Wiyata).

14. SAUNG TALAGA SAWANGAN

Yang satu ini menjadi pilihan banyak warga Depok di kala ingin kumpul bersama keluarga. Lokasinya di Jalan Sawangan cukup mencolok, apalagi dengan pajangan perahu yang tergantung di antara pohon kelapa di depan restoran ini, menjadi ciri khasnya. Menyantap sajian lokal dan hidangan ikan air tawar di saung yang berada di atas danau, menjadi kenangan tersendiri setelah mampir di Saung Talaga Sawangan.

15. MARTABAK ALIM

Martabak Alim

Martabak manis berukuran mini menjadi cirri khasnya. Lokasinya di Jalan Margonda Raya No. 359B dengan usia yang juga cukup lama, membuat Martabak Alim layak masuk dalam jajaran kuliner yang melegenda di Depok. Kini, Martabak Alim sudah memiliki banyak cabang yang tersebar di Jabodetabek.

16. SATE PADANG SUKO MANANTI

Sate Padang Suko Mananti di Jalan Nusantara, Depok 1 (sebelah Apotik Beji). (foto: depoklik)

Bisa dibilang, saat ngomongin Sate Padang di Kota Depok, kita bicara tentang Sate padang Suko Mananti, yang sejak dulu setia menanti penggila kuliner lokal di Jalan Nusantara Raya, Depok 1 (Sebelah Apotik Beji). Sate Padang di sini juara rasanya, jadi, tak heran bila kedainya pun jarang sepi pelanggan.

17. WAROENG SS

SS yang menjadi singkatan Spesial Sambal, memang menjadi juara soal pedas. Bukan menunya yang pedas, namun pendampingnya, yakni cocolan sambalnya yang menjadi ciri khas. Beragam variasi sambal bebas dipilih bagi penggila kuliner pedas. Waroeng SS termasuk legendaris di Depok, dari hanya ada di satu tempat, di Jalan Margonda Raya (sebelum Hotel Bumi Wiyata), kini membuka cabang baru yang lokasinya berdekatan, yakni di seberang Hotel Bumi Wiyata.

18. DELYSH COFFEE SHOP

Delysh Coffee Shop di kompleks Ruko D'Mall, Margonda, Depok. (ist.)

Kalau kita berkunjung ke pusat perbelanjaan Mal Depok atau D’Mall, Margonda, di kompleks Ruko-nya pasti melihat kafe ini (dekat dengan pos parkir keluar). Usianya terbilang tak lagi muda lho. Para penikmat kopi kerap menjadikan tempat ini untuk relaks sejenak atau meeting bersama rekan kerja. Kini, Delysh memiliki cabang baru di kompleks Ruko Saladin Square Margonda.

19. GABUS PUCUNG LEUWINANGGUNG

Konon rumah makan khas sajian betawi-sunda ini kerap dijadikan base bagi komunitas sepeda maupun motor. Para bikers belakangan menjadikan tempat ini sebagai persinggahan saat melintasi jalur Cibubur-Depok-Bogor, tepatnya di Jl. Leuwinanggung, Tapos, Depok. Tak hanya lokasi yang menjadi alasan banyak orang singgah, namun sajiannya juga membuat pelanggan kangen selalu dengan menu khasnya, yakni Gabus Pucung.

20. ES POCONG

Es Pocong Margonda, Depok

Jangankan mahasiswa dan warga Depok, mereka yang tinggal di sekitar Jabodetabek mungkin sebagian mengenalnya. Pasalnya, Es Pocong yang dari dulu berlokasi di seberang Gang Kober (dekat jalan kecil akses ke Stasiun UI) ini sudah menjadi salah satu ikon kuliner legendaris di jalan utama Kota Depok, yakni Margonda.

Selain segarnya Es Pocong, kedai ini pun menawarkan kudapan ringan khas tanah jawa, yakni Tempe Mendoan yang lebar dan ajib rasanya.

21. NASI TIMBEL SI TETEH

Nasi Timbel Si Teteh di Jalan Tole Iskandar, Depok. (foto: depoklik)

Ini lho kalau ngomongin Nasi Timbel yang memang rasanya teruji dan gak ada matinya. Begitu pula kedainya, yang sejak dulu hingga sekarang tetap eksis di Jl. Tole Iskandar No. 47 Depok 2 (Samping BCA KCP Tole Iskandar).

22. SOTO BU TJONDRO

Soal rumah makan soto yang eksis sejak dulu di Kota Depok, tentu tak lepas dari restoran yang satu ini, Soto Bu Tjondro. Meski cabangnya kini ada dimana-mana, namun di kawasan kita Soto Bu Tjondro termasuk kuliner legendaris lho. Lokasinya yang terkenal ada di Jalan SIliwangi, Pancoran Mas, Depok.

23. KETUPAT SAYUR PARIAMAN

Ketupat Sayur Khas Padang Pariaman di Jalan Keadilan, Depok Timur. (depoklik)

Ini juga kuliner legendaris,meski bukanya hanya pagi sampai siang, namun sejak dulu sampai sekarang jarang sepi pembeli, apalagi di hari Sabtu atau Minggu. Kedai sederhana di Jalan Keadilan Raya, Depok Timur (depan Optik Hero) ini, memang sangat khas dan orisinil dari daerah asalnya, Padang Pariaman. Semua tahu, bicara kuliner Sumatera, bicara berani bumbu.

Comments
Loading...