Kuliner Solo : Ayam Goreng Kleco (Jl A.Yani, Solo)

 

Dalam perjalanan dari Solo ke Yogyakarta siang itu, kami sempatkan mampir ke Ayam Goreng di daerah Kartosuro. Namanya adalah

Ayam Goreng Kleco
Jalan A.Yani 404, Solo

Rumah makannya cukup besar dan bersih kok, dan ramai sekali di dalamnya. Ayam yang digunakan oleh Kleco adalah ayam kampung. Rasa dan aroma ayam goreng kampung memang berbeda dengan ayam broiler. Kalau saya sih lebih suka daging ayam kampung, lebih gurih dan aromanya lebih khas. Menu di Kleco juga tidak banyak, hanya ada ayam goreng, rempelo ati, tahu-tempe, dan juga sayur asem. Sebetulnya perut saya masih agak kenyang, karena soto yang saya makan tadi pagi. Tapi harum ayam gorengnya membuat iman saya goyah, akhirnya saya ikut-ikutan pesan ayam gorengnya juga, tapi tanpa nasi.

Harganya cukup murah lho, untuk sepotong ayam gorengnya hanya Rp 8.000

Ayam gorengnya berukuran sedang, tidak terlalu besar dan digoreng cukup kering. Aromanya… wuihh sedap banget. Pertama saya coba kulitnya dulu, renyah dan gurih banget. Berikutnya saya coba dagingnya, enak banget lho teman-teman. Bumbunya terasa, gurih banget, ada rasa asinnya juga, tapi bukan rasa asin yang berlebihan… Semuanya terasa pas bumbunya. Kami suka sekali dengan ayam goreng ala Kleco ini. Anda harus mencobanya kalau berkunjung ke Solo. Kami setuju dengan teman kami, enak.

Source edukasi.kompas.com edukasi.kompas.com/read/2011/05/21/08022155/ayam.goreng.kleco.asli.ayam.kampung

Leave A Reply

Your email address will not be published.