Mie Tarempa, Kuliner Tanjungpinang Kepulauan Riau

Selain alamnya yang indah, Tanjungpinang juga punya banyak makanan lezat yang harus dicoba, salah satunya mie Tarempa. Cobalah datang ke RM Mie Tarempa dan siap-siap menggoyang lidah di sana.
Meski bukan makanan khas, mie Tarempa rupanya menjadi favorit bagi kalangan warga Tanjungpinang, Kepulauan Riau. RM Mie Tarempa cabang Batam yang berada di Jl DI Panjaitan KM 20, Tanjungpinang jadi buktinya. Baru didirikan pada 25 Oktober lalu, rumah makan ini bisa menjual mie Tarempa sampai ratusan piring tiap harinya.

“Kalau Sabtu Minggu bisa lebih dari 500 porsi, kalau hari biasa sekitar 300-an,” kata Ana, pengelola rumah makan tersebut saat berbincang dengan awak media beberapa waktu lalu.
Mie Tarempa adalah makanan khas dari Kepulauan Anambas. Rumah makan ini pun awalnya didirikan di Batam oleh Hery Phang, seorang warga Tarempa, Ibukota Kabupaten Kepulauan Anambas.
Dari Batam, rumah makan ini mulai mendirikan cabang di Tanjungpinang. Walau masih baru, warga langsung ramai mendatangi rumah makan tersebut. Ada 28 orang pekerja yang sibuk melayani di jam operasional mulai pukul 08.00–20.00 WIB. “Biasanya yang ramai itu pada jam-jam saat sarapan pagi,” tambah Ana.
Tapi sepanjang hari bisa dibilang rumah makan berkapasitas lebih dari 50 orang itu tak pernah sepi warga. Mereka memesan mie Tarempa yang harganya mulai dari Rp 15 ribu. Selain makan di tempat, warga juga boleh pesan antar.
Nah, mie Tarempa ini punya kekhasan. Bentuknya pipih dan kenyal seperti mi telur. Semua olahan makanannya mulai mie kuning, bihun, kwetiau, roti goreng, lemper, semuanya pasti menggunakan bahan ikan tongkol.
“Selain itu, kekhasan lainnya kita juga enggak pakai kecap karena secara tradisionalnya mie Tarempa juga enggak pakai kecap,” imbuh wanita berusia 52 tahun itu.

Pada awalnya, makan mie Tarempa akan memberikan sensasi tak biasa di lidah. Sebab umumnya orang lebih sering masak mi goreng/kuah pakai daging ayam ataupun sapi.

Tapi jangan khawatir, sensasi ikannya tak akan terasa aneh. Untuk menetralisir amis dari ikan tongkol, mie Tarempa juga ditambahkan jeruk nipis dan dimasak dengan bumbu yang lengkap. Rasanya lezat, pedas dan segar berpadu di lidah.

Source pegi Makan Detik.com
Comments
Loading...