Kuliner Yogyakarta : Dawet Ireng Kaliajir, Yogyakarta

Tepat di pertigaan Kaliajir, ada sebuah pohon beringin besar. Di bawah rindang beringin ini, beberapa orang berjualan aneka makanan dan minuman. Nah, akhirnya ini menamakan tempat ini sebagai Taman Kuliner Kaliajir. Di sini ada aneka gorengan, siomay batagor, aneka jus, kelapa muda dan dawetNah, berhubung tidak begitu lapar, mencicipi Dawet Ireng yang dijajakan mas-mas di sebelah timur beringin.

Dawet Ireng ini mengingatkan pada Dawet Butuh Purworejo. Dawet yang terbuat dari pati ganyong itu menginspirasi banyak orang untuk mengembangkannya. Termasuk dawet ireng Kaliajir ini. Meski tidak 100% terbuat dari pati ganyong, tapi cendol hitamnya enak. Santan matang dan sirup gula Jawa sangat terasa gurih dan manisnya. Wadah Dawet Ireng Kaliajir ini sebuah mangkok kecil dengan takaran yang pas. Untuk menambah rasa asam yang segar, biasanya ditambahkan tape ketan.

Dawet Ireng Kaliajir..? Bisa itu ketagihan… Karena tempatnya asik dan lokasinya strategis, gampang ditemukan. Persis di depan Puskesmas Berbah, bisa langsung ketemu Taman Kuliner Kaliajir. Ok, selamat blusukan ya.. Nyicil ndeso sebelum jadi pejabat.. hihihi..

Dawet Ireng Kaliajir
Dusun Kaliajir, Kalitirto, Berbah, Sleman
Rp 2.500,00

Source Eat eatjogja.com/2013/01/dawet-ireng-kaliajir
Comments
Loading...