Kuliner Yogyakarta : Gathot Thiwul Yu Tum, Yogya

Gathot Thiwul sudah menjadi identitas dari kabupaten Gunungkidul. Kalau berkunjung ke Wonosari tidak lengkap rasanya jika tidak membawa oleh-oleh Gathot dan Thiwul. Kebetulan mampir ke pusat dagangan Yu Tum yang berada di jalan Pramuka Wonosari. Tempat ini cukup besar dan berlantai dua. Lantai pertama digunakan sebagai pusat jajanan oleh-oleh dan lantai kedua terdapat tempat seperti lesehan yang terbuat dari bambu. Cocok sekali untuk bersantai sembari menikmati jajanan khas Gunungkidul.

Ada berbagai jenis oleh-oleh di tempat ini. Mulai dari keripik, peyek, belalang goreng dan tentu saja gathot dan thiwul. Ada berbagai jenis gathot dan thiwul yang mereka jajakan. Mereka juga menyajikannya dalam berbagai ukuran. Ada yang utuh, setengah dan bahkan berbentuk tumpeng. Untuk rasanya tidak usah diragukan lagi. Bisa menjamin kalau rasanya benar-benar enak. Tapi untuk yang belum pernah mencicipi Gathot dan Thiwul mungkin awalnya akan merasakan rasa yang sedikit aneh di mulut.

Tapi ini semua masalah rasa dan kebiasaan. Orang Jogja sangat suka dengan Gathot dan Thiwul, juga berharap makanan ini akan terus ada dan melegenda di Gunungkidul dan menjadi buah tangan utama untuk kalian para wisatawan di Jogja. Mari lestarikan bersama kuliner khas nusantara. Kalau bukan kita siapa lagi🙂🙂

GathotThiwul Yu Tum
Jl. Pramuka No. 36 Wonosari Gunungkidul Yogyakarta
Rp 6.000,00

Source gathotthiwulyutum.com
Comments
Loading...