Kuliner Yogyakarta : Gulai & Tongseng Ayam Sudi Moro

Merupakan kuliner khas Solo dan sekitarnya yang memiliki bentuk menyerupai gulai. Sajian makanan ini umumnya menggunakan daging kambing yang dicampur dengan beberapa sayuran sehat. Namun, sedikit berbeda halnya dengan Tongseng Sudimoro yang berada di Bantul. Tongseng Ayam Sudimoro, begitulah nama warung makan ini dikenal. Berdiri sejak tahun 1960-an, warung milik almarhum Mugirah ini menawarkan tongseng serta gulai dengan cita rasa istimewa.

Setiap harinya, tempat makan tersebut ramai dikunjungi oleh pembeli terutama saat pagi hari. Untuk yang berniat mencobanya, datang sebelum jam 7 agar tidak terlalu lama antre. Berbeda dari biasanya, Tongseng Sudimoro menggunakan daging ayam kampung sebagai bahan utamanya. Potongan daging tersebut lebih halus dan empuk di setiap gigitan. Sementara rasa dari kuahnya gurih bercampur manis dan pedas. Cita rasa ini dihasilkan dari cara memasak sederhana yang turun temurun dari generasi pertama.

Selain bumbu rempah yang tak dikurangi atau dilebihi, makanan ini dimasak di atas tungku kayu bakar. Meski menggunakan ayam kampung yang terkenal alot, namun tongseng dan gulai di warung Sudimoro memiliki tekstur empuk. Hal itu pula yang membuat tempat makan ini makin dikenal oleh banyak orang. Hingga kini, Tongseng Ayam Sudimoro telah memiliki tiga cabang yang tersebar di Bantul.

Gulai & Tongseng Ayam Sudi Moro
Jalan Jenderal Sudirman 59 B
Rp 8.000,00

Source Travel travelingyuk.com/tongseng-ayam-sudimoro/79727
Comments
Loading...