Kuliner Yogyakarta : Lotek dan Gado – Gado Teteg

Lempuyangan
Rp 10.000

Secara penyajian dan komposisi sayuran yang digunakan memang tidak jauh berbeda dengan yang umumnya dijual. Ada bayam, kenikir, kulbis, kacang pancang, potongan wortel, daun papaya, siraman bumbu kacang, potongan bakwan dan taburan bumbu kacang. Terakhir ditaburi dengan kerupuk bawang. Oh iya lupa, ada potongan tahu sutra juga. Setelah dicicipi satu suap, sekarang paham kenapa orang bilang lotek disini istimewaa. Memang bumbu sambal kacang disini lembut, cukup kental dan rasanya sangat pas.

Antara manis, pedas, asam dan gurih. Bumbunya sangat menyatu dengan sayuran yang sudah direbus setengah matang ini. Sehingga warna dari sayurannya tetap segar dan sangat menggoda mata untuk menyantap sampai habis. Porsi yang cukup besar ini membuat memutuskan kedepannya akan memesan tanpa ketupat atau nasi. Karena porsinya sudah cukup membuat kenyang sepanjang hari. Setelah selesai dengan piring lotek sekarang saatnya menyantap piring kedua yaitu gado-gado.

Kesan yang muncul disini adalah warna sayuran yang benar-benar menggugah selera. Berbeda dengan lotek yang sayurannya direbus, gado-gado tidak mengenal proses perebusan. Sayuran yang disajikan seperti potongan kulbis, tomat, ketimun, kecambah, tahu, selada, telur rebus, daun seledri, ketupat dan siraman bumbu kacang, kemudian kerupuk bawang. Perpaduan bumbu kacang dan sayuran segar disini memang pas. Rasanya persis menyantap salad dengan bumbu yang manis.

Source Eat eatjogja.com/2012/05/lotek-gado-gado-teteg
Comments
Loading...