Kuliner Yogyakarta : Pempek Ulu Bundar, Yogyakarta

Ikan berkualitas. Pempek atau Empek-empek adalah makanan khas Sumatera Selatan yang terbuat dari ikan dan sagu. Dalam penyajiannya pempek disajikan bersama saus berwarna hitam kecoklat-coklatan yang disebut cuka atau cuko dalam bahasa Palembang. Cuko ini dibuat dari air, gula merah, udang ebi dan cabe rawit tumbuk, bawang putih, dan garam.

Ya, Pempek Ulu Bundar menyediakan berbagai jenis pempek. Ada Lenjer, Bulat, Kulit dan Kapal Selam. Ada juga Tekwan dan Siomay juga. Pempek yang paling gede ukurannya adalah Kapal Selam. Biasanya kalo pas lapar bisa nambah…hehe.. Pempek kapal selam adalah telur ayam yang dibungkus dengan adonan pempek dan digoreng dalam minyak panas. Nah kalo Lenjer itu bentuknya bulat panjang. Nah, karena ukuran Pempek Lenjer di sini kecil, nambah Pempek Bulat dan Kulit.

Semuanya berasa ikannya, tapi tidak sedahsyat pempek kiriman sepupu dari Palembang.. hehehe.. Yaa.. lumayan deh untuk mengobati kangen dengan kota Palembang. Apalagi saus atau cukonya yang pedesnya nampol tenan. Wis..benar-benar luar biasa pedasshh.. Silakan dicoba lho ya.. Atau ada rekomendasi yang lain? Monggo.. silakan dibagikan lho.. 🙂

Pempek Ulu Bundar
Jalan Cik Di Tiro 10 Yogyakarta
Rp 4.000,00

Source Eat eatjogja.com/2013/02/pempek-ulu-bundar
Comments
Loading...