Kupat Glabed dan Sate Blengong Khas Kota Tegal

Setiap daerah memiliki ragam kuliner yang menjadi ciri khas, tak terkecuali di Tegal, Jawa Tengah. Daerah penghasil telur asin ini memiliki Kupat Glabet dan Sate Blengong yang menjadi menu pilihan. Kuliner Tegal yang satu ini biasanya dipasangkan dengan sate Blengong. Sate yang terbuat dari daging Blengong (peranakan dari mentok dan bebek).

Makanan khas Tegal berikutnya adalah Kupat Glabet dan Sate Blengong. Seperti namanya “Glabed” diambil dari kentalnya kuah makanan ini yang ngglabed. Ketupatnya dipotong-potong, dibubuhi tempe goreng, dan disiram dengan kuah glabed, tambahkan sambal bila ingin citarasa pedas. Toppingnya adalah kerupuk mi yang terbuat dari tepung singkong dan taburan bawang goreng.

Sedangkan Sate Blengong berbahan daging blengong yakni perpaduan antara daging bebek dan entok. Dagingnya diolah dan dimasak lalu ditusuk seperti sate pada umumnya dengan bumbu yang bersantan. Daging tersebut juga diolah dengan cabai merah dan rempah-rempah lainnya. Lebih nikmat lagi, minuman yang dikonsumsi berupa teh yang disajikan di dalam poci atau teko yang terbuat dari tanah liat.

Untuk 1 porsi kupat glabed khas Tegal dengan Sate Blengong ini dapat Anda nikmati dengan harga Rp 10.000 sampai dengan Rp. 15.000 per porsinya. Tempat untuk menikmati Kupat Glabed dan Sate Blengong ini berada di Jl. Sawo Barat No.9, Kraton, Kota Tegal, Jawa Tengah. Kupat Glabed dan Sate Blengong Khas Kota Tegal ini buka dari jam 15.30 sampai jam 21.00.

Selamat mencoba.

Source Pegimakan Kupat Glabed dan Sate Blengong

Leave A Reply

Your email address will not be published.