Lempok Durian, Makanan Khas Bengkalis Kepulauan Riau

Lempok durian

Resep Lempok Durian Khas Riau – Dodol adalah makanan yang sangat khas di Indonesia. Beberapa daerah menjadikan jajanan ini sebagai kuliner mereka, walaupun beberapa di antaranya mengubah resep maupun campuran yang digunakan demi memberi perbedaan antara yang satu dengan yang lain. Seperti dodol di Jawa Tengah yang memiliki warna dan rasa unik, misalnya. Tapi, ada juga makanan yang bertekstur seperti dodol namun dengan nama lain, yaitu lempok. Bedanya, kalau dodol menggunakan campuran ketan ataupun tepung dalam adonannya, sedangkan lempok tanpa campuran apapun.

Di Riau, tepatnya Bengkalis merupakan surganya lempok durian. Jajanan tersebut bahkan sudah menjadi ciri khas Bengkalis, karena untuk menemukan durian tidaklah sulit di kota tersebut. Sebab, buah itu termasuk yang pohonnya tumbuh merata di sana. Terutama jika musimnya tiba. Buah itulah yang digunakan sebagai bahan utama pembuatan lempok durian menggunakan resep lempok durian khas Riau.

Lempuk (Lempok) Durian

Lempuk durian ini merupakan makanan olahan tradisional andalan masyarakat Riau dan sekitarnya.. Lempuk durian ini dibuat dengan bahan dasar Durian pilihan yang diperoleh ketika musim durian datang dan durian tersebut langsung diperoleh dari pohonnya. Lempuk durian ini juga tidak menggunakan pemanis buatan melainkan menggunakan gula pasir murni. Harga per kotak Rp.27.000 belum termasuk ongkos kirim untuk luar kota .

Bahan dasar dan alat pembuatan lempuk durian

Durian masak         : 4-5 kg

Gula pasir               : 1 kg

Garam                    : 1 sendok teh

Pisau besar

Tungku

Pengaduk

Plastik pembungkus

Cara PengolahanDurian dibuka dan diambil isinya

Pisahkan daging buah dari isinya

Tambahkan gula pasir sebanyak 1 kg untuk setiap daging buah sebanyak 4-5 kg dan 2 sendok teh garam. Semua bahan dimasukkan ke dalam kuali yang diletakkan pada tungku. Tungku dibuat dari drum bekas dibagi dua (setengah bagian drum) kemudian dibuat lubang kayu. Bahan yang ada di kuali diaduk terus menerus, Api jangan terlalu besar. Lama pengadukan sekitar 3-4 jam.

Lempok siap diangkat dan dianggap matang jika sudah tidak lengket di pengadukan.

Lempok siap dikemas dalam plastik dan diberi label.

Alamat : Jl.Paus Indah, Tengkerang Tengah, Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru, Riau 28125

Source pegi Makan Lempok durian
Comments
Loading...