Lezatnya Citarasa Bakmi Doring di Kota Jogja

Warung ‘Bakmi Doring’

Bicara tentang Yogyakarta, tentu tak bisa dipisahkan dari citarasa kulinernya yang khas. Yogya menjadi salah satu kota yang dikenal dengan keberagaman dan kelezatan makanannya. Aneka kedai, restoran hingga sentra jajanan tradisional bisa dijumpai di sini.

Nah di antara sederet tempat makan enak di Yogya, ada satu yang cukup legendaris dan wajib dicoba, yakni Warung Bakmi Doring. Terletak di Jalan Suryowijayan, warung ini sudah sangat populer di kalangan wisatawan dan pecinta kuliner. Nyaris setiap saat Warung Bakmi Doring selalu ramai pengunjung. Citarasa bakminya yang lezat dan berbeda dari kebanyakan serta harga yang terjangkau, membuat banyak orang senang datang ke sini.

Meski ukuran warungnya tak terlalu besar, di sini para pengunjung dapat memilih, ingin makan di meja atau lesehan. Aneka jenis bakmi tersedia, mulai dari bakmi goreng, bakmi godhog, mi nyemek hingga bakmi magelangan. Sajian minumannya pun terbilang unik. Ada aneka minuman tradisional yang mungkin jarang ditemukan di tempat lain, seperti wedang uwuh, teh poci dan es tape.

Wedang uwuh menjadi salah satu minuman unik yang banyak difavoritkan. Minuman khas Yogya ini memadukan serai, secang, jahe dan berbagai rempah lainnya hingga menghasilkan rasa yang lezat dan ampuh menghangatkan badan. Sementara bakmi yang disuguhkan benar-benar enak dan istimewa karena masih menggunakan resep racikan turun-temurun sejak tahun 1984.

Untuk satu porsi bakmi super lezat ini, baik goreng maupun rebus, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp15.000. Terbilang murah untuk hidangan berkualitas seperti Bakmi Doring.

► Apa menariknya bakmi Doring Jogja?
© Mengajari jadi lebih sabar. Pas liburan, antrian di warung bakmi ini bisa sampai dua jam. Bagi yang tensi darahnya tinggi bisa melatih kesabaran di sini.
© Nasi gorengnya juara. Nasi goreng Jawa-nya benar-benar jawara. Tidak terlalu manis. Apalagi asin. Bisa pesen khusus untuk mereka yang suka pedas. Nasi goreng disini juga tidak berminyak.
© Rempela atinya bikin jatuh hati. Makanan yang satu ini cocok buat mereka yang tidak ada masalah dengan kolesterolnya. Rasanya gurih, asin dan ada manisnya. Teksturnya juga lembut dan tidak alot.
© Bakmi godog sayapnya cetar membahana. Meskipun kuahnya agak encer, tapi kaldu ayamnya benar-benar terasa. Tekstur bakminya juga pulen dengan diameter yang benar-benar pas saat dikunyah.
© Wedang uwuhnya joss! Perpaduan antara jahe, kayu manis, serai, daun cengkeh, gula batu serta secangnya benar-benar seimbang. Minuman “rempah yang menyehatkan” ini cocok dinikmati di malam hari untuk mengembalikan stamina.
© Teh pocinya top. Kalau ingin merasakan teh yang Nasgitel alias panas, legi (manis) dan kentel (kental) yang rasanya benar-benar asli dan menggelora, disinilah tempat yang pas.

► Apa saja menu yang ada di sana?
© Nasi goreng Magelangan (nasi goreng campur bakmi).
© Bakmi godog.
© Bakmi goring.
© Nasi goreng biasa.
© Wedang uwuh.
© Teh poci.
© Jahe gepuk.

► Kalau mau ke sana, bagaimana caranya?
Dari jalan Malioboro :
Dari jalan Malioboro ke warung bakmi Doring jaraknya sekitar 3 km. Dari jalan Malioboro terus ke selatan sampai perempatan kantor pos besar atau biasa disebut juga titik nol. Dari perempatan titik Nol belok ke kanan (barat) sampai di perempatan jalan Kh. Wahid Hasyim Dari perempatan jalan Kh. Wahid Hasyim belok ke kiri (selatan) sampai di perempatan (jalan Kh. Wahid Hasyim – jalan Letjen S. Parman – jalan Suryowijayan). Dari perempatan itu, kira-kira 100 meter ada pertigaan. Lalu belok ke kanan (barat) masuk ke gang yang ada gapura Suryowijayan. Lokasi warung ada di sebelah kanan (utara) menghadap ke selatan.

Source http://tempatkulinerdiindonesia68.blogspot.co.id
Comments
Loading...