Lezatnya Sate Lilit Khas Denpasar Bali

Bicara tentang salah satu warisan kuliner Indonesia, kita tidak dapat melupakan makanan yang bernama sate. Selain rendang dan nasi goreng, sate adalah salah satu makanan populer yang tidak hanya digemari masyarakat Indonesia sendiri namun juga wisatawan asing.

Di Indonesia ada berbagai macam jenis sate yang khas dengan cita rasa, bumbu dan bahan dari daerahnya masing – masing. Sate lilit asal Bali merupakan salah satu diantaranya sate lilit asal pulau dewata ini memiliki keistimewaan tersendiri. Berbeda dengan sate pada umumnya yang dagingnya ditusuk, Sate Lilit justru dibuat dengan cara di lilit. Sebelumnya, daging akan dicincang halus terlebih dahulu dan di ramu dengan bumbu Bali. Kemudian, di lilitkan di batang daun serai atau tangkai bambu dan diolah dengan bumbu bumbu genep. Bumbu genep adalah campuran dari bahan-bahan sehari hari yang ditemukan di Bali seperti, bawang merah, bawang putih, cabai, kencur, kunyit, jahe, kemiri, ketumbar, kapulaga, dan lengkuas. Rasanya di jamin empuk dan gurih, Terlebih pada sate lilit yang menggunakan batang daun serai, sehingga timbul wangi yang sedap.

Pada umumnya daging yang digunakan, antara lain daging ayam, tuna, ataupun ikan tenggiri. Variasi ini tentunya memberikan cita rasa yang berbeda tergantung dengan jenis bahan yang digunakan. Namun, sate lilit dengan daging ikan tenggiri lah yang menjadi primadona di Bali. Tidak hanya untuk makanan sehari – hari, sate lilit ini sering digunakan untuk upacara keagamaan di Bali. Sate lilit akan sering dijumpai saat orang Bali mengadakan upacara adat, acara pernikahan maupun acara menyambut kelahiran seorang anak.

Warung yang menyediakan sate lilit terkenal di bali yaitu Wsrung Ari yang terletak di Jl. Tukad Pakerisan No.6, Panjer, Dauh Puri Klod, Denpasar Barat, Kota Denpasar, Bali. Warung ini buka dari jam 06.30 sampai jam 16.00.

Tertarik mencoba?

Source Pegi Makan Kuliner Sate Lilit
Comments
Loading...