Loloh Cemcem Minuman Tradisional Berkhasiat Khas Bangli Bali

Loloh Cemcem Minuman Tradisional Berkhasiat Khas Bangli Bali

Pulau Bali tidak hanya terkenal akan wisata seni dan budayanya yang sudah melegenda sampai ke mancanegara tetapi terkenal akan wisata kulinernya. Bali memiliki berbagai macam makanan dan minuman khas Bali yang sudah terkenal sampai ke luar negeri. Salah satu minumannya yakni Loloh Cemcem. Loloh Cemcem berasal dari daerah Penglipuran. Tak hanya tersohor dari aspek kebersihannya, Desa Penglipuran yang terletak di Banjar Penglipuran, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali juga kaya akan karya hasil olahan sendiri.

Loloh Cemcem dapat dikatakan sebagai jamu. Pada umumnya jamu terasa pahit jika dikonsumsi tetapi tidak untuk Loloh Cemcem karena Loloh Cemcem memiliki enam rasa yang unik dan tentunya sangat enak di lidah. Loloh yang bahan utamanya daun cemcem atau daun kloncing ini, tidak hanya untuk menghilangkan dahaga, tetapi juga memiliki khasiat yang baik untuk pencernaan dan menurunkan tekanan darah. lLoloh Cemcem memiliki sedikit aroma tumbuhan, dan rasanya sangat unik. Rasanya asam, manis, asin, dan sedikit pahit. Minuman ini mantap diminum dalam keadaan dingin dan langsung memberi sensasi segar.

Rasa asam dari Loloh Cemcem didapat dari komposisi tamarin alias buah asam. Kemudian rasa manis dan asin didapat dari komposisi gula juga garam. Sedangkan rasa pahit didapat dari daun cemcem. Loloh Cemcem dikemas dalam botol kemasan air mineral ukuran 600 ml. Rata-rata Loloh Cemcem ukuran tersebut dibanderol Rp 5.000. Minuman ini dapat dengan mudah dibeli di warung makan yang menjual makanan khas Bali. Minuman ini dikirim ke segenap penjuru Bali, bahkan keluar daerah.

Cara untuk membuat Loloh Cemcem sangat sederhana. Adapun bahan-bahan yang diperlukan antara lain daun cemcem (daun kloncing), kayu manis, daun sirih, daun jarak pagar, daun dhadhap, air kelapa, buah kelapa, dan gula aren. Pertama-tama daun cemcem dicuci hingga bersih, kemudian daun cemcem diremas-remas atau dihaluskan dan ditambah air hangat sesuai kebutuhan. Kemudian hasil remasan tersebut dicampur dengan kayu manis, daun sirih, jarak pagar, daun dhadhap dan disajikan dengan air kelapa dan gula aren. Tambahkan juga potongan buah kelapa muda dalam Loloh itu. Jadilah rasa nano-nano yang ramai.

Source https://ksmtour.com/ https://ksmtour.com/wisata-kuliner/kuliner-bali/loloh-cemcem-minuman-tradisional-berkhasiat-khas-bangli-bali.html
Comments
Loading...