Lontong Balap Pak Gendut Kuliner khas Surabaya

Lontong Balap , yang merupakan sajian lontong berkuah dengan kecambah, tahu, lento dan memiliki sambal petis, biasanya disajikan juga dengan sate kerang sebagai pelengkap.

Salah satu lontong balap yang wajib dicoba adalah “Lontong Balap Pak Gendut” yang menjadi kuliner legenda makanan khas Surabaya. Namun pastikan yang anda makan itu langsung di pusatnya, karena lontong balap pak gendut sudah pindah dari kranggan. mau tau yang asli?, Yuk ikuti sedikit sejarahnya..

lontong balap pak gendut dengan sate kerang

Sejarah Lontong Balap Pak Gendut

Tahun 1958 : Lontong Balap Pak Gendut awalnya didirikan oleh ibu dari Pak Gendut, Bu Saunah, yang dulu sempat berjualan menggunakan pikulan dan kemaron dan berkeliling. Akhirnya banyak pelanggan yang memberi nama Lontong Balap Garuda, dikarenakan warung lontong balap ini berlokasi di Jalan Kranggan, tak jauh dari gedung Bioskop Garuda.

Tahun 1970 : Haji Abdul Rohim atau yang sering di panggil Pak Gendut mulai membantu ibunya yang sudah mulai menua.

Tahun 1987 : Pak Gendut mulai benar-benar seutuhnya memegang dan meneruskan usaha dari ibunya.

Tahun 1995 : Lontong Balap Garuda telah secara resmi berubah nama menjadi Lontong Balap Pak Gendut, hal ini mengingat nama ‘Pak Gendut’ merupakan julukan dari pelanggan yang datang ke warung lontong balap miliknya.

Tahun 2007 : Pak Gendut meninggal karena penyakit liver. Maka dari itu, warung tersebut diteruskan oleh anaknya, yaitu Pak Aris. Jadi, bila diurutkan, Pak Aris merupakan keturunan ketiga yang memegang tempat makan Lontong Balap Pak Gendut ini.

Penerus Usaha dari pak gendut yaitu pak aris yang merupakan anak tunggal dari pak gendut

Bulan Agustus Tahun 2012 :diadakan penggusuran oleh Satpol PP di daerah Kranggan, karena dianggap warung-warung tersebut mengganggu pejalan kaki.

penggusuran lontong balap pak gendut

Lontong Balap pak gendut terusir dari jalan kranggan dan pindah ke ruko di Jalan Prof. Dr. Moestopo (depan PDAM)

Bulan Oktober 2012 – Sekarang , Lontong Balap Pak Gendut resmi dibuka di Jalan Prof. Dr. Moestopo (depan PDAM), ada juga cabang di Jalan Embong Malang no.38 dan di foodcourt Plaza Royal stand MI-26A.

lontong balap pak gendut asli berada di di Jalan Prof. Dr. Moestopo (depan PDAM)

Rasa lontong balap

Setelah mengetahui keasliannya sekarang saatnya mengetahui rasanya. Dengan 1 porsi lontong balap isinya ada beberapa irisan lontong, kecambah, lento, lalu diberi kuah segar plus kecap dan terakhir bawang goreng. Rasanya itu memang bikin ketagihan, taugenya segar ditambah sate kerang wajib yang kamu coba.

Lento adalah sejenis perkedel yang terbuat dari kacang tolo merah

Kuah lontong balap

Kuah lontong balap yang bening diberi kecap sehingga memberikan cita rasa manis dan gurih

lalu ditambahkan bawang goreng di taruh di atasnya

Jangan lupa pasan juga sate kerang sebagai pelengkap

Lontong Balap Pak Gendut adalah salah satu kuliner khas Surabaya yang wajib kamu coba, dengan rasanya yang segar gurih membuat ketagihan.

Sate Kerang adalah pelengkap wajib dipesan untuk menemani saat makan lontong balap.

– Pusat: Jalan Prof. Dr. Moestopo, Surabaya (depan PDAM)

– Cabang 1 : Jalan

Sumber info : www.starvingidea.com

pegimakan.id
Comments
Loading...