Lontong kupang Kuliner Khas Kupang Di Surabaya

Kupang lontong merupakan makanan yang banyak dijual di Jawa Timur, terutama didaerah pesisir pantai seperti Surabaya, Lamongan, Sidoarjo, Pasuruan dan Malang kabupaten. Memang bayak juga daerah yang bukan daerah pantai juga menyediakan masakan lontong balap, tapi soal rasa tidak ada yang bisa mengalahkan daerah pesisir. Mengapa demikian?

Kupang lontong juga terdapat di banyak kota di Jawa Timur, seperti Malang, Lamongan, Kupang termasuk makanan yang tidak bisa tahan lama, jadi begitu dibuat, sebaiknya disajikan saat masih hangat dan segar. Itulah mengapa kupang lontong yang enak adalah yang berada di dekat pesisir di mana bahan-bahan pembuatannya diperoleh langsung dari para nelayan dan petani kupang.

Kuliner ini merupakan hidangan sepinggan yang terdiri atas lontong, kuah petis, sate kerang, dan kupang. Ada juga tambahan irisan lento (sejenis gorengan campuran antara singkong serut, taoge dan kacang tolo). Paduan petis, bawang putih goreng, dan kupang dengan jeruk nipis menghasilkan rasa asam pedas manis yang segar, berpadu dengan kaldu kupang.. Kupang dengan tambahan lontong sangat cocok untuk dinikmati sebagai santap siang saat cuaca sedang panas.

Kupang sendiri adalah sejenis binatang laut kecil-kecil seperti tiram yang banyak didapat di daerah pesisirJawa Timur. Berwarna cokelat pucat dengan kepala berwarna hitam, jening kerang yang awalnya didapat dari para nelayan sekarang sudah dibudidayakan oleh petani kupang. Itulah sebabnya Surabaya dan Sidoarjo menjadi lokasi terbaik menikmati kupang karena daerah inilah budidaya kupang berada, maka akan sulit kalau mencari hidangan kupang di luar Jatim.

Ada beberapa tempat yang menjadi jujukan warga Jawa timur untuk menikmati lontong kupang, berikut beberapa diantaranya :

Lontong Kupang Artomoro (Surabaya)

Lontong kupang ini bertempat di Jl. Raya Menur, di pinggir jalan sepanjang Rumah Sakit Jiwa Menur. Berdampingan dengan beberapa penjual es degan, Harganya murah dan enak, tidak heran warung Artomoro ini selalu ramai saat jam makan siang. Selain lotong kupang, disini juga menyediakan lontong balap. Es degannya juga menyegarkan.

Harga satu porsi Lontong Kupang Artomoro Rp 8.000,-.

Lontong Kupang Bu Wito (Surabaya)

Tempatnya cuman emperan jalan, tepatnya di seberang apartemen Metropolis. Tapi rame nya, istimewa. Gregeters kudu betah ngantri n betah panas buat makan disini. Tapi miss Greget jamin, penantian itu sebanding dengan sepiring lontong kupang panas dengan sate kerang berbumbu petis. Porsinya cukup kecil, jadi yang punya selera makan gede, mending pesen 2 porsi deh.

Sumber info : www.hngrynow.com

pegimakan.id
Comments
Loading...