Lontong Tuyuhan Pak Mujaeri Dengan Rasa Yang Khas Rembang

Lontong Tuyuhan merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari Desa Tuyuhan dan hanya bisa kita temukan di desa tersebut. Secara administratif, Desa Tuyuhan masuk ke dalam kecamatan Pancur, Kabupaten Rembang, tapi kebanyakan orang lebih akrab dengan Kota Lasem sebagai tempat dimana Desa Tuyuhan berada. Malah ada beberapa warga Lasem yang mengatakan belum ke Lasem namanya kalau belum mencoba Lontong Tuyuhan. Dulunya para penjual lontong tuyuhan ini hanya menjajakan dagangannya dengan membuka lapak kecil di tepi jalan Desa Tuyuhan dan berada dibeberapa titik tertentu.Sentra Lontong Tuyuhan berada di kanan jalan. Sesuai dengan namanya, di tempat ini semuanya menjual menu yang sama, yaitu lontong tuyuhan dan sebuah kios khusus yang menjual minuman. Karena sesuai

kesepakatan didirikannya sentra makan ini, para pedagang lontong tuyuhan tidak ada yang menyediakan minuman bagi pembelinya.Secara sepintas lontong tuyuhan mirip seperti opor ayam, hal tersebut juga diakui oleh beberapa penikmat lontong tuyuhan. Ayamnya dimasak kuah santan dengan warna sedikit agak kekuningan, namun rasanya berbeda dengan opor. Bumbu rempahnya terasa lebih ringan dengan pedas sedang dan santannya yang tidak terlalu kental. Dalam penyajiannya hanya berisi potongan lontong dan daging ayam dengan ukuran yang cukup besar dan disiram dengan kuahnya yang gurih dan sedap. Kita juga bisa memesan tanpa kuah, sedangkan untuk pilihan dagingnya terserah pembeli, ada sayap, paha, dada mènthok, ceker atau kepala.

 salah satu pedagang lontong tuyuhan milik Pak Mujaeri atau lebih dikenal dengan sebutan Pak Jaeri.Sama seperti stand yang lainnya, stand milik Pak Jaeri ini hanya muat untuk ±8 pengunujung saja. Biasanya kalau tempatnya penuh, para pembeli yang ingin makan di tempat menempati stand di sebelahnya yang masih kosong, karena biasanya para pedagang tersebut mulai membuka standnya selisih 1 atau 2 jam antar pedagang. Sama seperti siang itu ketika kami datang, stand Pak Jaeri sudah penuh bahkan ada pengunjung yang menikmati di stand sebelahnya.

Source https://www.wisatakuliner.com
Comments
Loading...