Warning: unlink(/tmp/a07a9e7469a12d3c9d2932b5469d7ca6-IePMnn.tmp): No such file or directory in /home/infoprima3/public_html/pegimakan.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 158

Lotek Kalipah Apo Legitnya Kuliner Khas Bandung

Lotek Kalipah Apo Legitnya Kuliner Khas Bandung

Lotek merupakan makanan khas Sunda berbahan dasar sayuran dengan campuran bumbu kacang. Bagi anda penggemar kuliner, Lotek yang satu ini wajib dicoba. Tepatnya, di Jalan Kalipah Apo No.42 Astana Anyar, Kota Bandung, terdapat Lotek legendaris yang telah berdiri dari sekitar tahun 1953. Cita rasa yang tetap dijaga membuat Lotek ini tak pernah kehilangan pelanggannya, namanya Lotek Kalipah Apo.

Nama rumah makan ini memang diambil berdasarkan nama jalan dan nomor rumah sang pemilik, Mariana Latif. Awalnya, tahun 1953, Mariana nekat berjualan lotek demi membiayai hidup dirinya dan keenam anaknya. Karena semenjak suaminya meninggal, ia harus menjadi tulang punggung keluarga. Rasa loteknya memang enak, manis dan legit. Dan makin terkenal dari mulut ke mulut. Hingga tahun 1980 muncul masa kejayaan Lotek Kalipah Apo 42 ini dan hingga kini masih bertahan.

Potongan aneka sayuran seperti kacang panjang, kol, tauge, kangkung dan lain-lain dicampur merata dengan bumbu kacang yang khas dengan aroma kencur yang segar. Biasanya Lotek disajikan dengan potongan lontong dan kerupuk. Tentunya sangat cocok dijadikan menu makan siang anda. Lotek Kalipah Apo ini buka mulai dari pukul 09.00 hingga sore hari sekitar pukul 16.00, biasanya Lotek sudah habis sebelum jam operasional.

Lotek Kalipah Apo tutup setiap hari Selasa. Dengan harga Rp17 ribu anda sudah bisa menikmati kelezatan Lotek yang legendaris ini. Legitnya bumbu kacang yang digunakan benar-benar berbeda, ini disebabkan karena penggunaan kacang yang berkualitas untuk bumbu loteknya. Bahkan, menurut pengelola Lotek Kalipah Apo, bisa menghabiskan waktu dua sampai tiga hari untuk memilih kacang tanah yang benar-benar berkualitas. Kacangnya disangrai dulu tanpa minyak. Mereka juga kerap menyortir kacang, dari mentah, sampai matang bahkan sampai dihaluskan selalu disortir.

Lotek Kalipah Apo ini juga sudah membuka cabangnya di Jakarta, tepatnya di Jl. Batang Hari No.21. Selain Lotek, di Kalipah Apo anda pun dapat menikmati jajanan tradisional lainnya, yakni rujak dan kolek yang tidak kalah enaknya dengan Lotek. Sedangkan, menu lain yang direkomendasikan untuk anda coba di Kalipah Apo ialah rujak banci, rujak yang berisi irisan aneka buah-buahan seperti bengkuang, nanas, jambu air, mangga muda, kedongdong, kol, tauge serta ubi ditambah air asinan dengan tumbukan kacang tanah. Dan juga yang menjadi favorit ditempat ini adalah aneka buburnya, sebut saja candil, bubur sagu rangi, bubur jali, bubur lemu, bubur pacar dan lain-lain.

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/en/wisata-kuliner/kuliner-bandung/lotek-kalipah-apo-legitnya-kuliner-khas-bandung.html
Comments
Loading...