Lotek Teteg Jogja, Porsi Jumbo untuk Penyuka Sayuran

Lotek Teteg

Lotek adalah makanan berupa sayuran seperti bayam, tauge, kacang panjang, kol yang direbus kemudian disiram bumbu kacang dan ditaburi kerupuk serta bawang goreng. Dapat juga ditambahkan ketupat sebagai pengganti nasi. Segarnya sayuran di padu dengan bumbu kacang yang khas dan juga kerupuk yang renyah. Enak!

Di Yogyakarta kita banyak menemukan para penjual masakan ini salah satunya adalah lotek teteg. Dinamakan lotek teteg karena berdekatan dengan palang pintu kereta api. ‘Teteg’ merupakan bahasa Jawa yang berarti ‘palang pintu kereta api’. Lokasi tepatnya ada di Jl. Argolubang 184 Gang Delima GK IV/196, Baciro, Yogyakarta. Kawasan ini berada di sebelah timur Stasiun Kereta Api Lempuyangan.

Yang menarik dari lotek teteg ini adalah porsi yang disajikan, yakni porsi jumbo. Bisa disantap untuk dua orang. Lotek teteg ini berdiri sejak tahun 1968 oleh Untung, ayah dari Upi Nuraini pengelola saat ini. Dahulunya warung ini hanya di kelola bersama ibu dan adiknya saja namun saat ini sudah memiliki 8 karyawan yang membantu melayani pembeli. Warung ini semakin hari semakin ramai dikunjungi terlebih pada jam makan siang antara pukul 11.00sampai dengan 13.00 WIB. Pengunjung di warung ini terdiri dari beberapa kalangan antara lain para mahasiswa dan pekerja kantoran.

Yang tak kalah menarik adalah jika pengunjung memperhatikan ke bagian dapur. Anda akan melihat bumbu kacang yang dihaluskan dengan cobek yang berukuran sangat besar yakni berdiameter sekitar 80 cm. Di pasar kita tidak akan menemukan cobek dengan ukuran tersebut karena ini merupakan pesanan khusus dari sang pemilik. Pemakaian cobek berukuran besar itu bertujuan agar dalam pembuatan bumbu kacang pada saat ramai pengunjung bisa dalam porsi besar sekaligus. Sehingga para pelanggan tidak terlalu lama menunggu.

Selain menu lotek warung ini juga menyediakan gado-gado dan aneka minuman seperti jus ataupun teh. Rata-rata minuman di banderol mulai dari Rp. 2.000 sampai dengan Rp. 11.000. Harga per porsi lotek teteg ini hanya Rp. 10.000. Setelah menikmati santap lotek atau gado- gado, Anda bisa berwisata ke Malioboro ataupun ke Desa Pathuk untuk membeli oleh- oleh. Destinasi kuliner lain yang menarik adalah Raminten, rumah makan yang mempunyai konsep tradisional.

Warung ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 sampai dengan pukul 16.30 WIB.

How to get there?
– Taksi.

Source http://kuliner.panduanwisata.id
Comments
Loading...