Mangut Ikan Pari Asap, Khas Rembang Jawa Tengah

Sudah pernah berkunjung ke Rembang, daerah di Jawa Tengah yang menjadi tempat peristirahatan terakhir tokoh emansipasi perempuan, R.A. Kartini? Kalau belum, semoga ada kesempatan berkunjung ke sana. Rembang, sebuah kabupaten di Jawa Tengah yang dilewati jalan raya utama di pulau Jawa, yaitu jalan Pantura. Jadi Kalau lewat jalan Pantura dari arah Semarang ke Surabaya ataupun sebaliknya pasti melewatinya. Tentang kuliner yang ada di sana, ada satu kuliner, yaitu mangut “panggang pe” alias mangut ikan pari asap.

Kuliner satu ini bercitarasa dominan gurih dan pedas, tapi menurutku berkesan hangat di tenggorokan. Kuliner yang bercitarasa lezat semacam ini agak jarang bahkan susah di kota lain. Sebenarnya ada kuliner mangut lele, tapi tak se enak aslinya.Di masak dengan bumbu yang lengkap, biar makin mantap rasanya. Untuk bumbu yang dihaluskan, perlu disiapkan: merica, ketumbar, jinten, jahe, kencur, kunyit, daun jeruk, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, dan garam secukupnya. Yang diiris, ada cabai hijau, tomat, belimbing wuluh, lengkuas, bawang merah, bawang putih.

Cara masaknya dimulai dengan menumis bumbu halus dan bumbu yang diiris (ditambah daun salam), hingga harum, setelah itu masukkan air secukupnya. Masukkan ikan pari asap yang sudah dipotong sebesar 5×5 cm, tahu, dan tempe. Saat sudah mulai mendidih tambahkan santan. Untuk menambah cita rasa, tambahkan garam dan gula pasir secukupnya. Tunggu hingga matang, lalu sayur mangut pun siap dihidangkan. . Bagi yang suka sayur pedas berkuah santan,

Source https://mynameismaylia.wordpress.com/
Comments
Loading...