Manis Legitnya Sale Pisang Asli Khas Tasikmalaya

Seperti kebanyakan jenis sale yang sering di jumpai di daerah lainnya, sale pisang Tasikmalaya merupakan sajian makanan ringan atau cemilan yang wajib di jadikan teman dalam melakukan perjalanan keliling kota Tasikmalaya maupun di jadikan oleh oleh untuk sanak saudara di rumah. Sale pisang Tasikmalaya ini terbuat dari pisang yang diolah dengan cara khusus yaitu dengan cara di sisir tidak terlalu tebal kemudian dijemur dibawah matahari secara langsung. Setelah itu, bahan sale pisang bisa langsung dikonsumsi maupun digoreng terlebih dulu menggunakan tepung. Tujuan penjemuran adalah untuk mengurangi kadar air buah pisang sehingga pisang sale lebih tahan lama.

Sale pisang ini di produksi oleh sebagian warga ancol Tasikamalaya. Resepnya yang turun temurun puluhan tahun. Selain itu, saat ini sale pisang mempunyai berbagai macam rasa atau bebrapa varian seperti rasa keju, Sale pisang Raja, Sale Pisang gulung, Sale pisang Jaer dll. Saat ini, produksi pisang sale sudah menembus pasar internasional.

Sifat-sifat penting yang sangat menentukan mutu sale pisang adalah warna, rasa, bau, kekenyalan, dan ketahanan simpannya. Sifat tersebut banyak dipengaruhi oleh cara pengolahan, pengepakan, serta penyimpanan produknya. Sale yang dibuat selama ini sering kali mutunya kurang baik terutama bila dibuat pada waktu musim hujan. Bila dibuat pada musim hujan perlu dikeringkan dengan pengeringan buatan (dengan sistem tungju).

Ada 3 (tiga) cara pembuatan sale pisang, yaitu :

  • Cara tradisional dengan menggunakan asap kayu.
  • Cara pengasapan dengan menggunakan asap belerang.
  • Cara basah dengan menggunakan natrium bisulfit.

Untuk bisa menikmati manisnya sale pisang khas Tasikmalaya ini bisa kita temukan di Jl. Raya Banjar-Manonjaya, Ancol, Tasikmalaya atau di tempat toko oleh – oleh khas tasikmalaya. Untuk harga sale pisang ini terbilang cukup murah yaitu sekitar Rp. 5.000 sampai Rp. 10.000.

Selamat Mencoba.

Source Pegi Makan Sale Pisang Sale Pisang
Comments
Loading...