Manisnya Jipang Kacang Oleh Oleh Khas Kebumen Jawa Tengah

Jipang Kacang yakni camilan manis yang unik untuk menjadikan oleh-oleh khas Kebumen yang murah dan tahan lama. Konon kabarnya, Jipang Kacang ini sudah diproduksi lewat cara tradisional sejak mulai dulu sampai sekarang ini dengan melindungi rasa aslinya.Bahan-bahannya juga cukup sederhana, yaitu kacang, gula jawa, serta minyak sayur.

Sensasi lengket di gigi khas gula jawa demikian terasa saat anda nikmati makanan ringan yang satu ini. Buat anda yang lagi sakit gigi mending tak perlu nyobain jajanan ini dulu ya guys.Selain lanting, Kabupaten Kebumen juga dikenal sebagai penghasil makanan khas berupa jipang kacang. Hingga kini aktivis perajin jipang kacang masih bisa ditemui di Kelurahan Panjer, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen. Makanan cemilan tersebut sudah diproduksi sejak nenek moyang.

Para perajin masih mengerjakan proses pembuatan jipang kacang secara tradisional. Persis seperti yang diajarkan nenek moyang dulu. Hanya ada perubahan pada bungkusnya. Kalau zaman dulu menggunakan klaras (daun pisang kering), kini menggunakan bungkus plastik.Hal itu dilakukan secara turun-temurun. Seperti yang dilakukan salah satu perajin jipang kacang, Slamet Tunggal (45). Dia meniru seperti yang diajarkan orang tuanya, Tumirah. Begitu seterusnya.

Sejak dikelola Slamet, jipang kacang yang diproduksinya itu menggunakan bungkus plastik. Menurut Slamet, menggunakan plastik lebih praktis ketimbang klaras. Terlebih, daun pohon pisang kering itu sulit didapatkan. Hal yang sama juga dialami perajin tempe di Kebumen.Makanan berprotein tersebut awalnya dibungkus daun pisang. Namun saat ini sangat jarang.

Sebagian besar perajin tempe, baik di wilayah perkotaan maupun perdesaan sekalipun, sudah beralih dengan bungkus plastik.Padahal, menurut penuturan sejumlah pakar, bungkus daun lebih sehat dari pada plastik yang mengandung bahan kimia. Untuk membungkus jipang kacang dengan dilem. Caranya dibakar pada ujung plastiknya, menggunakan lampu minyak tanah.

Source https://dolanyuksite.wordpress.com/

Leave A Reply

Your email address will not be published.