Mantau Lada Hitam Daging Rusa, Kuliner Balikpapan

Depot Simpang Empat

Salah satu yang membuat saya terkesan dengan Balikpapan adalah kulinernya. Selain kota minyak ini terkenal dengan kepiting Kenari dan Tambora-nya, ada lagi yang patut dicoba yaitu : Mantau goreng dengan daging rusa masak lada hitam.

Daging rusa atau menjangan sepertinya menjadi salah satu pilihan daging di daerah ini karena dendeng rusa juga menjadi salah satu item wajib oleh-oleh dari Balikpapan ini.
Balik lagi ke urusan mantau tadi. Mantau adalah roti dalam bahasa Cina, bentuknya umumnya bulat kecil, sebesar genggaman tangan perempuan mungil seperti saya ini lah (ehem). Disajikan kadang digoreng ataupun dikukus, rasanya lembut, manis dan gurih, adonannya mirip sodaranya yang biasa dikukus yaitu bakpao, namun untuk mantau yang sedang saya bicarakan ini dimasak dengan cara digoreng.
Kalau di restoran Duck King atau Restaurant Samudra, biasanya saya sering juga pesan mantau goreng, dimakan dengan cara dicocol susu kental manis. Nah untuk mantau goreng khas Balikpapan ini, disajikan dengan daging rusa yang diolah dengan bumbu lada hitam. Rusa atau menjangan masak lada hitam ini sangat lezat, dagingnya empuk dan agak manis, dengan sedikit rasa pedas dari lada hitam, disajikan dengan taburan kacang mete sangrai, wahh kayaknya ngga cuma dengan mantau tapi pakai nasi dengan rusa lada hitam ini pasti enak banget deh, hehehe.

Mantau tersebut dijual di Depot Simpang Empat dekat Pasar Inpres Kebun Sayur Balikpapan (. Dapat dibeli satuan ataupun per box yang isi sepuluh, satuannya seharga Rp 3000,-. Bisa disimpan di freezer hingga 2 mingguan namun kalau dalam suhu ruangan hanya 2-3 hari saja.

Ada lagi yang jual di Hotel Blue Sky, Balikpapan. Lengkap dengan daging rusanya. Paling enak dimakan bersama mantau yang baru digoreng hingga kecoklatan. Wah dijamin ingin mencoba lagi. Pada saat saya dari Balikpapan itu saya beli 2 box untuk dibawa ke Jakarta, beserta daging rusanya, sepertinya di Jakarta belum ada cabangnya ya.
Slurrrpp…kepengen gak sih nyobain?.

Mantau Depot Simpang 4: Jl. Let.Jen Suprapto Rt. 30 No. 06 Telp. (0542) 743049, sebelum menuju Pasar Inpres Kebun Sayur.

Source Pegimakan Mantau Lada Hitam
Comments
Loading...