Martabak Air Mancur Kuliner Legendaris Enak di Bogor

Martabak memang jadi pilihan paling pas untuk sajian saat kumpul-kumpul. Malam ini, sambil menunggu jagung dan ikan dibakar sampai matang, pesan martabak saja untuk mengganjal perut. Martabak manis atau martabak telur, sama enaknya!

Orang Bogor pasti mengenal Martabak Air Mancur. Selain karena kelezatannya, kios martabak ini juga sudah berdiri 21 tahun. Tak heran, penjual martabak ini selalu diantre pembeli.

Terletak di dekat bundaran air mancur Bogor, Martabak Air Mancur menempati sebuah bangunan yang lebih mirip restoran berpendingin ruangan daripada kios martabak biasa. Sebab, di sini ada area makan, sehingga Anda bisa langsung menikmati martabak yang Anda beli.

Martabak Air Mancur menyediakan tiga pilihan martabak telur, yakni biasa (2 telur), spesial (3 telur), dan super (4 telur). Selain martabak daging sapi tersebut, ada pula martabak telur kornet, seafood, sosis ayam, dan sosis sapi.

Sekotak martabak telur spesial (Rp 52.800) pesanan kami diantarkan ke meja bersama beberapa piring kecil, sendok-garpu, semangkuk kuah cuka, dan semangkuk acar. ​Panas mengepul dengan aroma gurih telur. Rasanya sudah tak sabar mencicipi martabak telur ini.

Saat digigit, cincangan kasar daging sapinya langsung terasa. Berbeda dengan martabak lain yang daging sapinya sedikit dan digiling, potongan daging martabak ini lebih besar. Teksturnya empuk sekaligus agak kenyal. Wajar saja harganya lebih mahal daripada martabak telur biasa.

Tak hanya itu, kulit martabaknya juga digoreng hingga berwarna kuning keemasan merata. Tipis krenyes, sementara isinya yang terdiri dari daging sapi, telur, bawang bomba​y​, dan daun bawang terasa gurih. Mantap!

Jangan sia-siakan kuah cuka dan acarnya. Sebab, saat dicicip, tampaknya kuah cokelat pelengkap martabak ini tak menggunakan cuka, melainkan air asam. Rasanya lebih enak dan sedikit manis.

Acarnyapun unik, karena selain menggunakan cabai rawit hijau, wortel, dan mentimun, di dalamnya juga ada bengkuang. Rasanya segar dan asamnya tak menggigit.

Puas dengan martabak telurnya, kami ​tergiur​ martabak manis. Variannya banyak. Selain kacang, meisjes, wijen, dan keju, ada pula topping jagung, talas, strawberry, blueberry, tiramisu, pisang, nangka, sampai kismis. Bahkan, seakan tak mau ketinggalan tren, tersedia juga martabak Nutella dan Toblerone. Martabak​ tiker alias​ tipis keringpun tersedia.

Kami mencoba martabak keju pisang (Rp 60.500). Aroma ​wangi ​margarin pada martabak manis yang masih panas memang selalu menggoda. ​Warnanya kecokelatan mulus dengan serat-serat yang agak kasar.​

Martabak yang lumayan tebal ini terasa empuk saat digigit. Proporsi keju parut dan irisan pisangnya pas dengan adonan martabaknya, tidak berlebihan maupun kurang. Rasa gurih kejupun diimbangi manis pisang. “Kami menggunakan pisang raja, karena kalau pakai pisang lain rasanya jadi pahit,” jelas salah seorang karyawan Martabak Air Mancur.

Meski menggunakan margarin lokal, bukan mentega ternama asal Belanda, martabak sudah terasa nikmat dan tak terlalu berminyak. Pinggirannya yang berwarna cokelat garing dengan sedikit rasa gosong yang enak.

Selain martabak, Martabak Air Mancur juga menyediakan makanan seperti mi bakso, kwetiau, siomay, sampai gado-gado. Ada pula es teler, es kelapa muda, dan jus untuk menghilangkan dahaga. Es krim dan pancake durian juga bisa Anda beli di sini.

Martabak Air Mancur tak tutup meski malam tahun baru seperti sekarang maupun hari libur nasional seperti besok. Yuk segera pesan untuk nanti malam!

Martabak Air Mancur
Jl. Pajajaran Ruko No. 20T
Bogor
Telepon: 0251-8338333
Jam buka: Setiap hari, 11:00-21:00

Jl. Sudirman No. 64
Bogor
Telepon: 0251-8328388

Source Pegimakan.id Food.detik.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.