Martabak Lebaksiu Kuliner Mantap dan Lezat dari Kota Tegal

Martabak Lebaksiu adalah salah satu makanan khas Indonesia yang paling banyak di jual hingga di pelosok daerah Indonesia. Jajanan ini sudah ada di tanah air sejak tahun 1930 yang berasal dari seorang penjual makanan asal Lebaksiu Tegal, Jawa Tengah. Hingga saat ini martabak mengalami beberapa modifikasi.

Asal usul Martabak Lebaksiu

Martabak adalah sejenis makanan khas dari negeri India sejak dahulu hingga sekarang. Di Indonesia ada dua jenis martabak.
Pertama adalah martabak telor, yang kedua adalah martabak terang bulan atau biasa disebut martabak manis.Di India martabak, susunannya adalah sebagia berikut :
Adonan tepung terigu yang dibentuk sebesar telur bayam, dibanting, dilebarkan diatas kaca, marmer atau seng, setelah membentuk ukuran berdiameter kurang lebih 40 cm, kemudian diisi telur/kentang dan digoreng. Setelah itu dihidangkan dengan kare kambing/gulai. Itulah aslinya martabak telur atau di India disebut moortaba.

Di negeri India, makanan lain sejenis martabak telur adalah : Nan, Roti Cane, Chappaty, Purata, Poory, Samosa. Makanan-makanan teresbut masuk pada kategori makanan sedang/ringan.

Ada banyak jenis martabak yang di jual di pasaran, namun pada umumnya ada 2 jenis martabak yaitu martabak manis dan martabak telor. Martabak manis biasanya dbuat dari adonan tepung dengan isi ketan, cokelat, susu, keju dan sebagainya. Sedangkan mastabak telor dibuat dengan campuran telur dan bumbu rahasia lainnya sehingga terasa begitu nikmat.

Bumbu Kering Martabak Lebaksiu berbahan asli rempah-rempah Indonesia tanpa bahan pengawet jadi benar-benar original dan asli buatan orang Lebaksiu Tegal, dibuat dengan cara tradisional sesuai resep turun temurun.

Martabak manis dengan 2 varian rasa misalnya dijual dengan harga Rp. 10.000 sampai Rp.12.000. Bila menghendaki toping yang lengkap antara 3-4 toping harganya tak lebih dari Rp.30.000 (harga di Pulau Jawa). Sementara untuk martabak telur, pilihannya ada pada jumlah telur yang dicampurkan sebagai isian. Martabak telur biasa dengan 2 telur dibrandrol dengan harga Rp. 17.000 sampai Rp.20.000. Martabak telur istimewa dengan dengan 3 telur biasanya dijual Rp. 22.000 sampai Rp.25.000, dan satu tingkat diatasnya adalah martabak telur special dengan 4 telur harganya berkisar Rp.27.000 sampai Rp. 30.000. isian tersebut sudah termasuk cincangan daging yang dicampur dalam kocokan telur dan daun bawang.

Selamat mencoba.

Source Pegimakan Martabak Lebaksiu Asal usul Martabak Lebaksiu
Comments
Loading...