Mencicicpi Enaknya Urap Latoh Khas Rembang Jawa Tenah

Urap adalah istilah sambal yang dijadikan satu dengan parutan kelapa muda, sedangkan latoh adalah tanaman sejenis rumput laut yang berwarna hijau dan berbentuk bulat-bulatan kecil (sebesar jarum pentul) disetiap ujungnya, seperti buah anggur, namun rasanya asin kalau dimakan. Urap latoh ini sangat pas dimakan pada siang hari dengan nasi liwet dan tempe goreng.

Tanaman latoh ini sendiri tidak banyak hidup disembarangn air laut, namun di laut pesisir Kota Rembang tanaman ini sangat subur, sehingga menjadi hasil laut tersendiri untuk nelayan Rembang.Lasem sebuah Kecamatan di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Merupakan kecamatan terbesar kedua di Kabupaten Rembang. Daerah ini terkenal dengan makanan khas yaitu Urap Latoh, makanan ini menggunakan “rumput laut” sebagai sayur.

Lasem sebuah Kecamatan di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Merupakan kecamatan terbesar kedua di Kabupaten Rembang. Daerah ini terkenal dengan makanan khas yaitu Urap Latoh, makanan ini menggunakan “rumput laut” sebagai sayur.Latoh yang merupakan jenis rumput laut yang dikenal oleh masyarakat di negara luar yang biasa disebut juga anggur laut, jika di Filipina disebut Lato, di Jepang disebut Umi Budo. Latoh yang memiliki nama ilmiah Caularpa, juga di Sulawesi dikenal dengan nama Lawi-lawi.Latoh ini sangat nikmat jika disajikan dengan nasi dan urap yang terbuat dengan campuran kelapa, terasi, lombok, kencur dan bawang merah. Di Rembang biasa dijual dengan harga Rp 7.000-10.000

perporsi.Bentuk latoh ini menyerupai telur ikan yang bewarna hijau, untuk ciri-cirinya, berwarna hijau dengan thallus (cabang) berbentuk lembaran, batangan, dan bulatan. Selain itu memiliki tekstur lunak keras dan siphonous. Kandungan klorofil rumput laut bersifat antikarsinogenik. Terdapat juga kandungan serat, selenium dan seng yang tinggi yang bisa mereduksi estrogen (jenis hormon). Berikut rincian kandungan energi = 18 kkal, protein = 0,5 gr, lemak = 0,9 gr, karbohidrat = 2,6 gr, kalsium = 307 mg, fosfor= 307 mg, zat besi = 9,9 mg, vitamin A = 0 IU, vitamin B1 = 0 mg, vitamin C = 1,3 mg. Kandungan 1.Kandungan zat besi dan protein dapat membantu pembentukan hemoglobin dan juga akan mengurangi resiko anemia.

2. Vitamin A mengatasi permasalahan gizi karena kekurangan vitamin A.

3. Mencegah hipertensi karena rumput laut dapat menyerap kelebihan asupan garam dalam tubuh.

4. Antioksidan klorofil dapat berfunhsi membersihkan tubuh dari reaksi radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh.

5. Kandungan serat dapat mempelancar proses metabolisme tubuh sehingga baik untuk makanan untuk diet.

Source https://www.kompasiana.com/
Comments
Loading...