Mencicipi Ciwel Oleh Oleh Khas Kebumen Jawa Tengah

Kebumen merupakan kota yang ada di Jawa Tengah. Kota ini terkenal dengan bahasa ngapaknya. Di balik semua itu, terdapat sajian unik dalam kota tersebut. Sajian-sajian yang akan kami sebutkan kali ini sebagian sudah dikenal masyarakat luas dan sebagian lainnya masih masyarakat Kebumen saja yang tahu. Bila Anda sudah penasaran, ikuti terus tulisan ini!

Ada sate ambal, lanting, soto petanahan dan juga kue lupis. Lanting adalah jajanan khas Kebumen yang sudah banyak dijual di swalayan maupun toko-toko terdekat di kota Anda. Makanan berwarna kuning ini memiliki bentuk yang unik, ada yang bulat dan ada pula yang seperti angka ‘8’. Tentu saja, sebelum Anda membaca resep ciwel khas Kebumen ini Anda belum tahu nama makanan tersebut, bukan?Ciwel Khas

KebumenYa, benar. Resep yang akan kami bahas kali ini sudah disebutkan dalam paragraf sebelumnya. Ciwel sendiri adalah makanan atau lebih tepatnya jajanan khas Kebumen yang berbahan utama singkong. Uniknya, dalam resep ciwel khas Kebumen makanan ini diberi pewarna dari batang padi. Bagaimana cara membuat pewarna tersebut, Anda bisa membacanya nanti dalam ulasan resep yang lebih lengkap.Hidangan ini juga disajikan bersama pemanis dari campuran kelapa parut dan gula pasir. Ada pula yang menggunakan gula merah dalam resep ciwel khas Kebumen, sesuai selera.  Bagi kalian yang sedang berkunjung ke kebumen janagan lupa bawa ciwel sebagai buah tangan anda.

Source http://sehatituindahkok.blogspot.co.id
Comments
Loading...