Mencicipi Eungkot Bung Khas Aceh

Eungkot Bung Khas Aceh

Gulai Eungkot Paya Khas Aceh adalah makanan khas dari Aceh yang terbuat dari bahan ikan gabus, ikan gabus dimasak bersama dengan kelapa yang sudah disangrai dan rempah khas Aceh yaitu daun temurui dan asam sunti sehingga menambah kelezatan kuliner dari Aceh yang satu ini.

Eungkot Bung merupakan kata benda dalam bahasa Aceh yang berarti ikan hasil tangkapan dari sawah. Eungkot artinya ikan sementara Bung artinya sawah. Eungkot Bung atau dikenal juga Eungkot Paya merupakan istilah umum untuk menyebut beberapa ikan khas sawah (air tawar) seperti lele, gabus, mujair dan ikan betok.

Ikan ini biasanya dimasak berkuah dengan cita rasa keasam-asaman dan sedikit pedas. Eungkot Bung sangat cocok disantap dengan nasi yang masih mengepulkan asap ditambah segelas sirup timun merah. Eungkot paya salah satu kuliner warisan Aceh, yang dominan dengan dengan rasa asam dan pedas. Bahan dasar dari eungkot paya ini, yakni ikan payau yang biasanya dicampur dengan santan, rebung kala, jantung pisang serta aroma ketumbar sangrai.

Eungkot paya menjadi satu di antara makanan yang menjadi buruan warga luar kota yang sedang berkunjung ke Aceh. Apalagi di saat Ramadan, permintaan terhadap makanan ini meningkat drastis. Harga per porsi Rp. 10.000 s.d Rp. 20.000 (tergantung jenis dan ukurannya). Eungkot Bung biasanya hanya tersedia di rumah makan khas Aceh Rayeuk seperti RM Hasan, Cut Dek, dan lain-lain.

Source https://www.bandaacehtourism.com/ https://www.bandaacehtourism.com/destinasi/10-top-kuliner-spektakuler-di-banda-aceh/#.WpT5lq6Wa1s
Comments
Loading...