Mencicipi Kesegaran Soto Bandung M. Tarya

Mencicipi Kesegaran Soto Bandung M. Tarya

Soto adalah makanan nusantara yang mudah ditemui di berbagai kota di Indonesia, variannya sangat beragam sesuai dengan kekhasan daerah masing-masing. Umumnya soto terdiri dari daging dan sayuran dalam kuah pekat nan gurih terbuat dari santan, tapi soto Bandung lain dari yang lain karena memiliki kuah bening. Penasaran dengan rasanya, silahkan meluncur ke Kantin M. Tarya.

Kantin M. Tarya berada di Jalan Mohamad Ramdan No. 85 tak pernah sepi pengunjung sejak didirikan tahun 1955. Begitu jam makan siang, rumah makan yang beridiri di daerah perkantoran itu serta merta penuh sesak. Pada awal berdirinya, kantin tersebut hanya menjual soto Bandung saja, sehingga lebih dikenal sebagai Warung Soto M. Tarya. Namun sejak awal 2012 warung soto Bandung itu melebarkan sayap dengan menyajikan beragam masakan khas Sunda, seperti pepesan, jengkol, macam-macam tumisan, ayam goreng, hingga timbel. Oleh sebab itu namanya berubah menjadi Kantin M. Tarya. Tapi sotonya tetap menjadi primadona yang dicari setiap pengunjung.

Soto Bandung memiliki tampilan sederhana. Kuahnya bening dan hanya terdiri dari sayur lobak, daging sapi, kacang kedelai goreng, dan tuburan bawang daun, seledri, serta bawang goreng. Tak sedikit yang ragu menyantap soto ini karena lobak yang memiliki cita rasa pahit. Tapi di Kantin M. Tarya rasa pahit itu hilang sepenunya dan yang tersisa hanyalah rasa gurih dan ringan dari kuahnya yang bening. Ringan karena kuahnya tak menggunakan santan sehingga tidak pekat.

Hasil gambar untuk Soto Bandung M. Tarya

Dagingnya sangat empuk, lobaknya tidak terlalu layu, dan kacang kedelai memberikan tekstur crunchy. Semangkuk soto Bandung yang bening ini sangat menyehatkan. Lobak sendiri sangat baik untuk kesehatan pencernaan, sehingga perut terasa adem, kemudian berkhasiat pula untuk mencegah gangguan ginjal, insomnia, diabetes, obesitas, dan masih banyak lagi. Kacang kedelainya adalah sumber protein nabati yang berguna sebagai anti oksidan, meningkatkan immune tubuh, serta mengendalikan kolesterol. Kelezatan Soto M. Tarya sudah sangat terkenal hingga tak jarang dikunjungi artis lokal dan punggawa Persib Bandung.

Harga seporsi soto Bandung M. Tarya ini hanya dibanderol Rp. 16.000. Jika berminat Anda bisa menambah menu makan siang dengan sajian khas Sunda lainnya. Setiap harinya kantin di Jalam Moh. Ramdan No. 85 itu buka mulai pukul 07.00 – 21.00. Tempat ini mudah dicapai menggunakan angkot Ciwastra – Cijerah (warna abu-abu) atau Cikudapateuh – Ciroyom (warna kuning, strip putih dengan nomor trayek 23).

Source http://kuliner.panduanwisata.id http://kuliner.panduanwisata.id/indonesia/mencicipi-kesegaran-soto-bandung-m-tarya/
Comments
Loading...