Mencicipi Kue Sagon Jajanan Khas Kebumen Jawa Tengah

Begitu menjelang hari lebaran, makanan-makanan khas yang tidak ada di bulan-bulan lainnya akan dibuat untuk memenuhi meja terutama beragam kue kering. Setiap daerah memiliki makanan berbeda. Tak terkecuali di daerah Kebumen sekitarnya yang tak pernah absen dengan makanan kering sagon, satu, rengginang dan unthuk-unthuk cacing. Untuk makanan basah, tak ketinggalan tape ketan yang dbungkus daun pisang.Terbuat dari tepung ketan atau kacang hijau yang telah dimasak atau disangrai hingga matang dicampur dengan gula, dicetak dengan cetakan berhias bunga kemudian dikeringkan atau dijemur di bawah sinar matahari.

Kedua ialah rengginang. Berbahan dasar nasi ketan yang dicetak bulat-bulat menggunakan cetakan dari bilah bambu atau serat batang pisang dengan melumuri air berbumbu garam dan bawang putih. Kemudian dijemur hingga kering sebelum akhirnya digoreng dengan minyak panas. SAGON dan SATU adalah makanan khas Kebeumen yang berbahan dasar tepung ketan. Biasanya jajanan ini dijual manakala musin lebaran tiba, namun demikian untuk mencari jajanan ini tidak sulit karena dapata dijumpai di toko-toko tertentu di daerah Kebumen. Rasanya yang manis dan gurih ini membuast orang-orang yang pernah mencicipinya atu

warga kebumen sendiri merasa kangen untuk memakanya lagi. Yang jelas sagon masih menjadi banyak pilihan para orang-orang golongan tua yang dibuat sebagai makanan khas lebaran. Cara membuatnya pun mudah. Bahan dasarnya ialah parutan daging kelapa yang telah dikupas. Memilih kelapanya ialah kelapa yang tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua sehingga rasanya gurih dan renyah dengan bau harum yang khas. Parutan kelapa itu kemudian dicampur dengan tepung ketan dan gula pasir hingga rata.

Setelah tercampur dicetak menggunakan cetakan seng berbentuk persegi panjang yang biasanya satu cetakan berisi 4 atau 5 potong. Adonan dimasukkan hingga batas atas, lalu ditekan-tekan menggunakan plastik hingga padat. Cetakan yang telah siap kemudian dipanggang dengan tungku khusus yang dirancang untuk memanggang sagon.

Source https://globeamarath.wordpress.com
Comments
Loading...