Mencicipi Legitnya Gula Merah Khas Kebumen Jawa Tengah

 Kebumen yaitu satu di antara daerah penghasil gula merah atau guka jawa yang cukup popular. Jadi, tak ada salahnya apabila anda membawa pulang gula merah khas Kebumen untuk gabungan masakan anda agar lebih nikmat dan lezat.Gula merah ini diolah dengan bahan seperti air nira dari pohon kelapa, waktu lalu air nira di masak menggunakan wajan dan api selama kurang lebih 2-3 jam sampai air nira kental.

Air nira yang sudah kental atau sudah jadi gula cair diangkat dan di aduk, lalu gula di buat lantas ditinggalkan sampai gula itu dingin dan jadi keras. Oya, gula merah khas Kebumen ini konon kabarnya tidak ada menggunakan bahan pengawet lho, jadi lebih aman dikonsumsi bukan?Untuk mendapatkan gula berkualitas bagus, seorang penderes harus segera memasak nira yang disadapnya. Untuk membuat air nira menjadi gula jawa juga dibutuhkan waktu yang tidak sedikit. Setidaknya dibutuhkan waktu tiga hingga lima jam untuk memasak satu kenceng (wajan tempat nira) nira hingga menjadi gula.

Dari hasil jerih payahnya, dalam satu minggu dia mampu mendapatkan hasil Rp 200 – 350 ribu. Namun, dari hasil itu dia rata-rata membawa uang ke rumah antara Rp 200 – 250 ribu. Ini terjadi karena dia terjerat hutang kepada pedagang gula. “Saya dulu waktu mau mbeneri rumah, utang sama juragan gula. Bayarnya ya dicicil setiap saya jual gula,Tak hanya Sarikin, para penderas lain juga miskin karena terbelit utang sepanjang hidupnya. Terbelit perdagangan gula dengan sistem ijon yang mirip dengan sistem renternir yang diperankan oleh para tengkulak gula.

Source http://pusatnyainfo.blogspot.co.id
Comments
Loading...