Mencicipi Nikmatnya Gule Kepala Ikan Salmon Yang Gurih

Mencicipi Nikmatnya Gule Kepala Ikan Salmon Yang Gurih

Menu gule kepala ikan memang sudah tak asing lagi, namun biasanya menu yang satu ini menggunakan ikan kakap sebagai bahan utamanya. Nah, menghadirkan sesuatu yang beda. Sang juru masak asal Mason Pine Hotel, Henry Brahmana menghadirkan gule dengan kepala salmon sebagai bahan utamanya.

Pemilihan kepala ikan salmon untuk menu yang diracik dengan rempah asli Indonesia ini merupakan sebuah kreasi yang unik. Ikan salmon yang biasanya hadir dalam masakan ala Jepang itu justru tampil lebih memikat dengan sentuhan berbeda kala diracik bersama bumbu khas Tanah Air.

Henry menuturkan, menu yang diberi nama Gule Kepala Ikan Salmon Asam Gelugur ini menawarkan cita rasa asam khas asam gelugur yang dipercaya berasal dari Asia Tenggara dan Asia Selatan. Penggunaan asam gelugur ini mampu menghilangkan amis dari ikan salmon.

“Konsep menunya sama dengan gule ikan kepala kakap. Hanya saja saya gunakan kepala salmon biar berbeda. Penggunaan asam gelugur ini akan terasa sangat pas dikolaborasikan dengan kepala salmon,” ujar Henry.

Asam gelugur adalah penghasil asam potong atau asam keping. Asam potong diperoleh dari irisan buah asam gelugur yang dikeringkan dengan cara dijemur di bawah terik matahari.

Asam potong dimanfaatkan untuk bumbu masak, bahan perasa minuman, bahan dasar pengobatan dan bahan dasar kosmetika. Sebagian masyarakat Melayu pesisir mengolah buah asam gelugur ini menjadi manisan atau halwa untuk hidangan di hari raya.

Gule Ikan Salmon Asam Gelugur ini dibanderol dengan harga Rp 168ribu. Disuguhkan dalam porsi besar, menu yang satu ini bisa disantap untuk dua orang. Dengan kuah kuning dan disantap bersama nasi hangat menjadi lengkap terasa kala menyantap Gule Ikan Salmoj Asam Gelugur.

Source https://bandung.merdeka.com https://bandung.merdeka.com/kuliner/mencicipi-nikmatnya-gule-kepala-ikan-salmon-yang-gurih-180129i.html
Comments
Loading...