Meneguk Kesegaran “SUMUR” Bandung Yang Murah Meriah

Meneguk Kesegaran “SUMUR” Bandung Yang Murah Meriah

Jangan artikan kata sumur pada judul sebagai benar-benar sumur. Kata sumur di Bandung, selain sebagai sumber air juga merupakan singkatan dari susu murni. Dekatnya Bandung dengan kota penghasil susu seperti Lembang dan Pangalengan, menjadikan minuman hasil dari sapi perah itu mudah ditemui di ibu kota Priangan.

Susu murni minuman yang banyak disukai berbagai kalangan. Anak-anak, muda, hingga tua suka menyeruput susu baik dalam keadaan panas maupun dingin. Selain itu susu juga bisa diolah menjadi minuman yang juga lezat, yaitu yoghurt. Di Bandung tak perlu repot ke restoran dan merogoh kocek dalam-dalam untuk menikmati segelas minuman sehat dan bergizi itu.

Banyak kedai kaki lima hingga kios kecil yang menyajikannya secara murah meriah. Setiap malam tempat penjual susu banyak dipenuhi pengunjung karena cocok sekali sebagai tempat nongkrong meskipun keadaan kantong sedang pas-pasan. Bagi yang tidak suka susu putih, bisa menambahkan rasa dalam gelasnya. Para pedagang menyediakan dari mulai rasa cokelat, strawberri, melon, anggur, moka, hingga kopi. Rasa-rasa tersebut adalah yang paling laris manis di kalangan warga lokal karena ampuh menenggelamkan rasa enek pada susu putih.

Salah satu tempat yang terkenal dengan sajian susu murni lezatnya adalah kios Susu Murni Ijan atau dikenal juga dengan nama Susu Murni Pungkur. Tempat ini sudah terkenal sejak lama dan merupakan pelopor kios “sumur” di Bandung. Tempatnya kecil dan banyak dikunjungi anak muda terutama siswa sekolah. Selain menyediakan “sumur” aneka rasa, Susu Murni Ijan ini juga menyajikan yoghurt, milkshake, dan beragam panganan layaknya roti bakar, bolen pisang, serta cheeseroll. Harganya cukup terjangkau, per gelasnya Anda hanya akan mergoh kocek dibawah Rp. 10.000. Kios Susu Murni Pungkur terletak di Jalan Pungkur, tepat di pojok perempatan anatara Jl. Pungkur dan Jalan Oto Iskandar Dinata (Otista).

Hasil gambar untuk Kios Susu Murni Pungkur

Tempat “sumur” murah lainnya berada di sekitar Jalan Dipati Ukur (DU), sehingga disebut dengan “Sumur” Dipatiukur. Pedagang yang satu ini berjualan dalam sebuah mobil box kecil dan baru beroperasi pada malam hari. Sebagai pedagang kaki lima, “sumur” Dipati Ukur hanya menyediakan bangku-bangku pelastik yang terbatas. Tempat ini sudah mulai berjualan sejak tahun 2000 dan menggunakan susu sapi segar dari peternakan sendiri di Lembang. Hanya menyajikan dua jenis minuman, yakni susu murni aneka rasa dan yoghurt. Jajan di sini Anda hanya perlu mengeluarkan isi domper Rp. 3.500 – Rp. 6.000 saja.

Source http://kuliner.panduanwisata.id http://kuliner.panduanwisata.id/indonesia/mereguk-kesegaran-sumur-bandung-yang-murah-meriah/
Comments
Loading...