Menikmati Bika Ambon Zulaikha

Menikmati Bika Ambon Zulaikha

Bika ambon bukan berasal dari Ambon, ibukota Maluku. Kue ini terinsiprasi dari bika atau bingka, kue khas melayu yang dimodifikasi dengan bahan pengembang sehingga kue ini memiliki rongga dan berbeda dari kue aslinya. Alkisah, kue ini disebut bika ambon karena pertama sekali dijual dan popular di simpang Jalan Ambon, daerah Sei Kera Medan.

Citarasa bika ambon yang enak adalah yang memiliki serat sempurna di bagian dalam dan rasanya lembut. Salah satu toko  yang memiliki reputasi bagus karena citarasa dan kehalalannya adalah Bika Ambon Zulaikha yang terletak di Jalan Mojopahit No. 62 Medaan.

Adalah Hajjah Mariani, pemilik dari usaha ini. Beliau dulunya seorang asisten apoteker di sebuah perusahaan farmasi berskala nasional. Sama sekali tak terbersit di pikirannya akan menjadi seorang wirausahawan sukses. Namun setelah 35 tahun bekerja, ia mulai memikirkan bidang lain untuk ditekuninya pada saat ia pensiun nanti.

Ia pun memutuskan menjual bika ambon pada 6 Agustus 2003. Ia menjual dagangannya di jalan Mojopahit, karena selama lebih dari 20 tahun daerah ini sudah terkenal sebagai pusat penjualan bika ambon di kota Medan. Nama “Zulaikha” sendiri diambil dari nama anak perempuan satu-satunya, Ira Zulaikha Ray. Hanya dalam waktu enam tahun, usahanya ini telah menjadi buah bibir masyarakat Medan dan sekitarnya. Bika yang diproduksi Hj. Mariani ini mampu mengalahkan usaha-usaha sejenis yang sebelumnya telah lebih dahulu ada. Pengunjung pun terus berdatangan mulai dari sekitar kota Medan, hingga yang berasal dari luar negeri seperti Malaysia.

Sementara itu, kue yang berbahan utama tepung tapioka, santan, gula, telur, dan air nira ini dapat bertahan maksimum empat hari. Untuk harga, bika ambon dijual sekitar Rp 50.000 per kotak. Produk di sini juga bisa dipesan satu sampai tiga hari sebelumnya.

Bukan hanya bika, usaha Ibu Hajjah Mariani ini juga menjual aneka panganan lain seperti bolu gulung, brownies, manisan jambu, sirup markisa, yang mayoritas berasal dari keluarganya.

Source http://mhm.asia http://mhm.asia/bika-ambon-zulaikha-rasanya-mendunia/
Comments
Loading...