Menikmati Es Goyobod yang Melegenda di Kota Garut

Bicara kuliner enak di Kabupaten Garut, Jawa Barat, seperti tidak ada habisnya. Sama dengan Bandung yang kreatif menciptakan kudapan lezat di lidah, Garut pun demikian. Salah satunya Es Goyobod. Minuman asli orang Garut ini memang tidak ada duanya terkait cita rasanya yang khas.

Es Goyobod sesuai dengan asal katanya, Goyobod memang berasal dari Jawa Barat yang dalam bahasa Sunda artinya basah kuyup. Es Goyobod memang saat ini sudah agak jarang ditemukan karena tenggelam dengan minuman modern. Secara kasat mata, bentuk dan warna es Goyobod sekilas tidak ada yang istimewa. Isinya hampir sama dengan es campur lainnya, dengan menu utama beberapa potongan buah segar yang ditaburi satu atau dua sendok gula aren dan santan kelapa berwarna putih.

Namun, Es Goyobod Alun-alun Garut ini punya ciri khas. Satu porsi yang disajikan dalam gelas minuman ukuran sedang, pedagang biasanya mencampurkan potongan sejenis jeli kenyal layaknya cendol atau puding yang dihasilkan dari bahan dasar tepung aren. Saat berada di lidah, teksturnya yang dikenal kenyal namun lembut saat digigit. Kemudian, adonan itu dipadukan dengan potongan alpukat, serutan kecil kelapa, potongan kecil roti tawar dan serutan es yang dilumuri kucuran susu kental manis di atasnya sebagai toppingDengan campuran tepat.

Es Goyobod ini tergolong kuliner yang sangat murah, dimulai dari Rp.5.000 per-gelas. Di Garut ini sudah cukup banyak spot gerobak-gerobak penjual Goyobod. Diantaranya di daerah Alun-alun Jl. Kiansantang No.24, Paminggir, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Simpang Lima, Pemda, dan banyak lagi.

Selamat Mencoba Pegimakan Lovers.

Source Pegi Makan Es Goyobod
Comments
Loading...