Menikmati Gurihnya Nasi Jinggo Sajian Lezat Khas Bali

Selain keanekaragaman budaya, Bali juga memiliki banyak makanan khas yang patut dicoba. Salah satunya adalah Nasi Jinggo. Berlibur ke Bali kurang lengkap rasanya jika belum merasakan kenikmatan Nasi Jinggo. Sekilas Nasi jinggo mirip dengan nasi kucing, Bedanya Nasi kucing berisi nasi rames, tempe kering, teri goreng, dan sambal goreng. bisa juga menambahkan macam-macam lauk seperti babat, bandeng, sate puyuh, kepala, usus dan cakar ayam.

Sementara Nasi Jinggo atau Nasi Jenggo adalah makanan siap saji khas Bali yang dikemas daun pisang dengan porsi kecil. Isinya adalah nasi putih sekepalan tangan dengan lauk-pauk dan sambal. Lauk-pauk yang digunakan biasanya adalah sambal goreng tempe, serundeng, daging sapi, telor asin, sate lilit atau sate daging ayam, kacang goreng dan sayur tumis dan ayam suwir. Penjual nasi jinggo sekarang juga menjual nasi jinggo dengan nasi kuning, Selain itu, nasi jinggo juga bisa disajikan dengan mie goreng dan telur.

Sejarah Nasi Jinggo dimulai semenjak tahun 1980’an. Nasi jinggo pertama kali dijual di Jalan Gajah Mada, Denpasar. Di tempat tersebut terdapat Pasar Kumbasari yang beraktifitas selama 24 jam. Tidak ada yang tahu pasti dari mana asal nama nasi jinggo berasal. Salah satu versi menyebutkan bahwa jinggo berasal dari bahasa Hokkien yang berarti “seribu lima ratus”, sesuai dengan harga pasaran nasi jinggo sebelum krisis moneter di Indonesia. Versi lain menyebutkan nama jinggo berasal dari judul film “Djanggo” yang populer pada masa itu. Versi ketiga menyatakan bahwa nama Jenggo berasal dari kata “jagoan”, yaitu para pengendara motor asli Bali.

Salah satu penjual Nasi  yang cukup terkenal yaitu Nasi Jinggo Simpangan yang terletak di Jl. Uluwatu No. 109, Jimbaran. Selain rasanya yang enak, harga Nasi Jinggo Simpangan ini juga relatif terjangkau untuk semua kalangan.  Sebungkus Nasi Jinggo yang berisi nasi serta lauk dan sambal ini ternyata dijual dengan harga mulai dari Rp. 5.000. Nasi Jinggo Simpangan buka dari jam 19.00 sampai jam 01.00.

Selamat Berkuliner.

Source Pegi Makan Nasi Jinggo
Comments
Loading...