Menikmati Kelezatan Soto Tamanwinangun Kuliner Kebumen Jawa Tengah

Jika kita membicarakan dunia kuliner di negeri tercinta ini, rasanya tak pernah ada habisnya. Ini sebuah bukti betapa sangat beragamnya makanan dan jajanan yang ada di seluruh nusantara ini. Setiap daerah memiliki kekhasan dan ciri tersendiri dalam hal pengolahan dan penyajian aneka makanan yang ada.Di Kebumen sendiri banyak makanan khas yang dapat ditemukan.

Nasi penggel, sate ambal, dan ada juga soto petanahan.Satu lagi yang akan saya share adalah makanan khas berupa Soto Tamanwinangun. Sesuai namanya, soto tamanwinangun mayoritas penjualnya berasal atau berdomisili di kelurahanTamanwinangun, Kebumen, maka pada akhirnya di kenal dengan soto tamanwinangun.Bukan hanya Kudus dan Semarang yang popular akan kelezatan sotonya, Kebumen juga punyai soto khas yang perasaan bisa diadu. Tak meyakini? Cobain deh soto Tamanwinangun yang datang dari dari Tamanwinangun, Kebumen.

Berbeda dengan soto-soto yang lain, soto Tamanwinangun ini menggunakan daging entok atau itik Serati. Di masing-masing suwiran dagingnya, bumbu soto terasa meresap sempurna.Soto ini tidak menggunakan kuah bening seperti soto umumnya, namun memakai kuah santan yang berpadu dengan kaldu entok yang nikmat dan gurih. Seporsi soto Tamanwinangun biasanya dilengkapi dengan potongan ketupat yang buat kenyang.Soto tamanwinangun pada prinsipnya sama dengan soto-soto lainnya, di dalamnya terdapat tauge,

kol/kubis, bihun atau soun dengan tambahan potongan daging ayam atau daging enthok. Aroma kuahnya, hmmmm… sangat menggoda selera kita untuk segera menikmatinya. Untuk menu makan malam alangkah baiknya ditambahkan lontong atau kupat, karena soto tamanwinangun memang tidak menggunakan pelengkap nasi.Penjual soto tamanwinangun umumnya membuka usahanya mulai sore hari jelang petang hingga tengah malam. Hampir di seluruh penjuru jalan dalam kota, gerobak-gerobak soto tamanwinangun dapat dijumpai di pinggir jalan Kusuma, jalan Kejayan, jalan Pahlawan sekitas tugu lawet dan jalan Pemuda kota Kebumen.

Source http://rasimunway.blogspot.co.id
Comments
Loading...